Presiden Buka Pospenas 2016 di Banten

Laporan: A. Haris.

presiden-jokowi-mengahdiri-pembukaan-pospenasglobalaktual.com, Serang – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Tahun 2016/1438 Hijiriah di Stadion Maulana Yusuf Serang, Banten, Sabtu (23/10/2016) malam WIB.

Didampingi Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Provinsi Banten Rano Karno, Presiden Joko Widodo membuka sambutannya dengan mengucapkan selamat merayakan Hari Santri Nasional yang pertama.

“Saya melihat hampir di seluruh pondok pesantren di seluruh Indonesia semua merayakan Hari Santri, saya mengajak semua untuk kembali menemukan api semangat yang berkobar saat 71 tahun yang lalu ketika KH Hasyim Asy’ari menyampaikan resolusi jihat yang mampu membakar semangat para santri untuk melawan penjajah,” ujar Presiden.

Menurut Presiden melalui resolusi jihad para santri berjuang bersama elemen bangsa lain untuk membela tanah air. “Semenjak itu sejarah mencatat santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan dan mewujudkan cita cita kemerdekaan, api semangat tidak boleh padam dalam membentuk semangat kemerdekaan ke-Indonesiaan para santri di seluruh penjuru tanah air untuk menghadapi tantangan di era kemerdekaan seperti kemiskinan, kebodohan, ketimpangan sosial,” papar Presiden.

“Kekuatan kita sebagai bangsa yang besar yang diperhitungkan bangsa lain adalah semangat jihad kebangsaan, semangat cinta tanah air yang telah digariskan para ulama pendahu, saya berharap para santri berlomba-lomba meningkatkan kemampuan diri dalam mengasah ilmu pengetahuan, teknologi serta berprestasi di bidang olahraga, seni dan budaya,” kata Presiden berpesan.

Related posts

Leave a Comment