35 Personil Gabungan Lakukan Operasi Patuh Kalimaya 2018 Di Ciceri Kota Serang

Serang, globalaktual.com – Untuk tingkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara, Polda Banten bekerja sama dengan Satlantas Polres Serang Kota, dan Badan Pendapatan Daerah menggelar operasi patuh kalimaya 2018 di depan Stadion Maulana Yusuf, Ciceri Kota Serang, Sabtu (27/04/18) sekiranya pukul 08:30 WIB – 11:45 WIB.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh AKBP Solihin Abu Bakar S, H, M.H, selaku Kasatgas Ops Represif (Gakkum) dan AKBP Hamdani Kabag Bin OPS Lantas Provinsi Banten, selaku penanggung jawab lapangan dengan kekuatan personil 54 orang, dari Ditlantas Polda Banten 35 anggota, Satlantas Polres Serang Kota 15 anggota dan Bapenda 4 anggota.

AKBP Hamdani mengatakan, sasaran operasi ini adalah, pengguna kendaraan yang menggunakan Hp saat mengemudi, melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan helm SNI, pelanggaran batas kecepatan, pelanggaran mengemudi dalam pengaruh alkohol, tidak menggunakan safety belt, sepeda motor bonceng lebih dari satu orang, mengendarai kendaraan bermotor dibawah umur.

Kemudian, lanjut Hamdani, ranmor tidak laik jalan, kelengkapan ranmor R2 meliputi TNBK dan tidak menggunakan spion, kelengkapan ranmor R4 atau lebih meliputi segitiga pengaman dan kotak P3K, ranmor tidak dilengkapi STNK atau STNK tidak syah, rotator atau sirine tidak sesuai peruntukan, dan ranmor tidak menggunakan knalpot standar.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyadarkan masyarakat tentang tanggung jawab mereka sebagai pengendara. “Wajib menaati tata tertib berkendara tanpa terkecuali,” tuturnya.

Ditempat yang sama, AKBP Solihin mengatakan, dalam kegiatan tersebut, baik roda dua maupun roda empat diperiksa oleh petugas. “Semua kendaraan kita periksa, bagi yang yang tidak mentaati kelengkapan kendaraan dan surat-surat kendaraan, kita tilang,” ujarnya.

Dari hasil operasi ini, Solihin menerangkan, ada beberapa hasil operasi yang didapat, yaitu:
-> Ditlantas Polda Banten mendapati 86 pelanggaran, rincian sebagai berikut :
– SIM =11
– STNK =60
– R2 =15
-> Satlantas Polres Serang Kota mendapati 84 pelanggaran, rincian sebagai berikut:
– SIM = 15
– STNK = 58
– R2 = 11

Sasaran untuk Operasi Patuh Kalimaya 2018, kata AKBP Solihin sebagai berikut :
1. Menggunakan handphone saat mengemudi
2. Melawan arus lalulintas
3. Tidak gunakan helm standard SNI
4. Pelanggaran batas kecepatan
5. Pelanggaran mengemudi dalam pengaruh alkohol
6. Tidak menggunakan safety belt
7. Sepeda motor bonceng lebih dari satu orang.
8. Anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor.

“Dihimbau kepada seluruh pengguna jalan, agar mematuhi peraturan lalulintas dan sebelum bepergian untuk mengecek kelengkapan administrasi kendaraan berupa SIM dan STNK , serta melakukan pengecekan ke laikkan kendaraannya. Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” tutup AKBP Solihin Abu Bakar S.H, M.H. (ADV)

Related posts

Leave a Comment