Wagub Banten Dan Bupati Serang Resmikan Tol Cikande

SERANG, Globalaktual.com – Mengurangi kemacetan di wilayah Serang Timur Kabupaten Serang, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di dampingi oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah resmikan Jalan simpang susun atau interchange Cikande di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Rabu (2/5/2018)
Dalam peresmian tersebut, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, dirinya telah berhasil mengurai kemacetan di daerah Serang Timur yang selama ini jadi momok menakutkan.

“Syukur Alhamdulillah, setelah perjuangan panjang kurang lebih 18 tahun, Interchange Cikande ini buka juga,” ujarnya.
Bupati berharap, kemacetan di daerah Serang Timur bisa terurai. Tak hanya itu, meningkatkan roda perekonomian warga sekitar.
“Kan dengan adanya Interchange Cikande ini, mendorong percepatan investasi perusahaan di sini. Soalnya sudah memiliki akses jalan yang bagus,”Katanya.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah jadi kepala daerah pertama yang mempelopori pembangunan jalan tol atas inisiatif pemerintah daerah dengan dana dari APBD plus patungan perusahaan di wilayah Serang Timur, Untuk pembangunan Interchange Cikande dengan panjang 1,3 kilometer tersebut, menelan anggaran sebanyak 240 miliar. Anggaran tersebut, 50 persen diperoleh dari bantuan Pemprov Banten, 25 persen dari Pemkab Serang dan 25 persen lagi patungan dari para pengusaha yang berada di wilayah Serang Timur.

“kami menghimbau khusus untuk dana patungan dari pengusaha belum seluruhnya terkumpul. Dari sekitar Rp 60 miliar, perusahaan baru menyetor sebanyak 9,3 miliar. Sisanya masih ditalangi oleh dana APBD Kabupaten Serang. Saya harap perusahaan bisa menyelesaikan kewajibannya, karena dana tersebut sangat kami butuhkan untuk pembangunan rutilahu, ruang kelas rusak dan pembangunan jalan desa,” ucapnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menambahkan, pembangunan simpang susun Cikande merupakan wujud nyata dimana dunia usaha dan pemerintah saling bahu membahu untuk dapat berkolaborasi, sehingga tercipta sinergitas yang berbasis pada kemanfaatan bagi masyarakat.

“Tentu saya berharap simpang susun ini dapat menguatkan kekuatan ekonomi di Provinsi Banten khusunya di Kabupaten Serang,” tuturnya.

Menurut Andika, Dengan adanya simpang susun ini akan banyak multiplier effect, dan masyarakat Cikande dan sekitarnya bersiap dengan lebih kompetitif, lebih berdaya saing dan meningkatkan kemampuannya untuk turut serta dalam perkembangan perekonomian di sektor pertanian, industri, perdagangan dan jasa.

“Semoga peresmian ini bisa memberikan kekuatan baru bagi kita semua dalam penguatan pertumbuhan ekonomi dan dalam kaitan penguatan pertumbuhan SDM kita di Banten dan Kabupaten Serang, sehingga kita dapat memberikan kontribusi peran terhadap masyarakat sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat, sehingga banten lebih baik lagi, lebih maju sesuai harapan dan cita-cita masyarakat,” Pungkasnya. (Adv)

Related posts

Leave a Comment