Bupati Serang Resmikan Dua Gedung Baru RSUD

SERANG, Globalaktual.com – Undang–Undang Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat masyarakat yang setinggi-tingginya. Ini sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya masyarakat yang produktif secara sosial dan ekonomis dengan melibatkan semua pemangku kepentingan serta elemen masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Serang pun berupaya terus melakukannya. Salah satunya, dengan pembangunan gedung. Seperti yang dilakukan pada Selasa (15/5/2018). Di mana Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meresmikan gedung rawat inap dua lantai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Dradjat Prawiranegara. Yakni gedung Mawar dan Wijaya Kusuma yang dibangun sejak 2016 lalu.

Ruangan tersebut, kedepannya akan dipergunakan khusus untuk pelayanan jantung dan kebidanan. Dengan demikian, rumah sakit yang menjadi rujukan lima kabupaten/kota di Banten itu, memudahkan masyarakat yang ingin berobat jantung. Masyarakat pun tidak perlu lagi berobat jauh-jauh ke RS Siloam di Tangerang ataupun RSKM di Jakarta untuk pelayanan Cathlab.

“Syukur Alhamdulillah, kita bisa membangun dua gedung lagi. Bahkan, khusus untuk pelayanan jantung. Masyarakat bisa berobat dengan cepat nantinya,” ujarnya.

Tatu pun mengungkapkan, awalnya RSUD dr. Dradjat Prawiranegara hanya memiliki 412 tempat tidur dan dengan dioperasionalkan gedung Mawar dan Wijaya Kusuma, kini bertambah menjadi 441 tempat tidur.

“Namun, itu masih jauh dari kebutuhan. Soalnya, idealnya, RSUD perlu sekitar 700 kamar untuk sarana rawat inap. Kedepan, akan terus kami upayakan penambahan,” tuturnya.

Direktur RSUD dr Dradjat Prawiranegara, Agus Gusmara menuturkan, di gedung Mawar dan Wijaya Kusuma juga sudah dipersiapkan para ahlinya.

“Dokter jantung yang kita miliki sudah selesai sekolahnya, alat juga bulan depan sudah dipasang, tinggal kita jalanin argonya, pelayanan jantung di RSUD dr Dradjat Prawiranegara juga melayani pasien yang menggunakan BPJS,”pungkasnya. (Adv)

Related posts

Leave a Comment