Petambak di Wilayah Rob Pekalongan Terima Bantuan Benih

globalaktual.com, KOTA PEKALONGAN – Kelompok Tani Makmur, Kelurahan Bandengan, menerima bantuan 584 ribu benih ikan bandeng, 100 ribu benih Udang, dan 13 ton rumput laut dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.
Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Kabid Perikanan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Arif Rahman Hakim dan Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, kepada perwakilan Kelompok Tani Makmur, Senin (23/7).

Arif Rahman menuturkan, bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Bandengan khususnya di sektor perikanan.

“Dengan Jumlah bantuan sebanyak 584 ribu benih ikan bandeng, 100 ribu benih udang, dan 13 ton rumput laut saya harap dapat menambah penghasilan petani tambak,” terangnya.

Menurutnya, bantuan itu memang difokuskan bagi wilayah yang terdampak rob. Jika dibandingkan dengan wilayah yang terdampak rob, jumlah tersebut masih sangat kecil. Sehingga kedepam pihaknya akan mengupayakan untuk menambah jumlah bantuan benih ikan. “Mudah-mudahan kedepan seluruh wilayah yang terdampak rob dapat tercover semua,” tambahnya.

Ia memperkirakan, benih ikan bandeng tersebut dapat panen selama enam bulan kedepan. Sedangkan untuk rumput laut dan udang masing-masing dapat dipanen dalam empat bulan kedepan.

Sementara itu, Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih, mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada kelompok tani Makmur. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu bagi petani tambak di kelurahan bandengan yang mengalami musibah rob. “Bantuan ini sangat membantu petani tambak yang lahannya terkena rob,” tuturnya.

Dengan adanya bantuan tersebut Sekda berharap dapat meningkatkan penghasilan dan dapat mensejahterakan Kelompok Tani Makmur. “Mudah-mudahan benih bandeng, udang dan rumput laut ini dapat panen sesuai dengan harapan,” harapnya. (Hendri/A3)

Related posts

Leave a Comment