Teras Walikota: Paparkan Rangkaian HUT Kota Pekalongan ke-113

Pekalongan, GA – Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekalongan yang ke-113, Pemerintah Pekalongan menyiapkan berbagai gelaran untuk masyarakat Kota Pekalongan. HUT Kota Pekalongan yang jatuh pada 1 April 2019 ini akan mengusung Gapuraning Bhumi, Membangun Kota dengan Rasa Kebahagiaan, Pahatkan Pesona Karya Sejahtera Mandiri Tergenggam Bersama Budaya.

Hal ini dipaparkan Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE dalam Teras Walikota di Guest House Kota Pekalongan, Selasa (19/3/2019). “Kita syukuri nikmat yang telah diberikan Allah dalam peringatan hari kelahiran Kota Pekalongan dengan berbagai aktivitas positif untuk menyejahterakan masyarakat Kota Pekalongan,” tutur Saelany.

Saelany ingin mengajak masyarakat Kota Pekalongan untuk bersama merayakan, turut serta dalam berbagai rangkaian kegiatan. Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dalam perhelatan hari jadi yakni berupa kegiatan inti seperti lomba lampu hias, khataman Alquran, Gebyar Hari Jadi di Empat Kecamatan di Kota Pekalongan, doa bersama di masjid dan mushola, istighosah, kirab budaya, resepsi hari jadi, Pameran Pekan Informasi Daerah (PPID) Kota Pekalongan, serta pengajian ulama dan umaro. “Keramaian akan dipusatkan di berbagai kecamatan, berdoa bersama malam tanggal 31 Maret juga. Selain itu kirab budaya juga akan melibatkan masyarakat dan komunitas,” terang Saelany.

Untuk kegiatan pendukung juga akan digelar seperti bersih-bersih sungai dan pantai, workshop, dan Sarasehan Dialek Pekalongan. Selain itu pada 1 April nanti akan ada penyampaian sejarah singkat Kota Pekalongan sebelum kegiatan Istighosah dilangsungkan.

Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih menambahkan, utamanya pada HUT Kota Pekalongan ini adalah rasa syukur melalui doa, khataman, istighosah, dan deklarasi HUT Kota Pekalongan. “Pada peringatan tahun ini semua lapisan masyarakat dan pemerintah mensyukuri dan berdoa untuk kemajuan Kota Pekalongan yang lebih baik. Kalau HUT Kota Pekalongan diawali dengan doa tentu akan diijabah Allah,” ungkap Sri Ruminingsih.

Diungkapkan Sri Ruminingsih, pada HUT Kota Pekalongan yang ke-113 ini akan dilaunching budaya mengenakan sarung batik bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh masyarakat Kota Pekalongan setiap Jumat. “Selain melestarikan budaya Kota Pekalongan untuk bersarung batik, ini akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat Kota Pekalongan,” tukas Sri Ruminingsih. (Eka)

Related posts

Leave a Comment