Ratusan Pelajar Bersaing Jadi Paskibraka

By: hendri on April 4, 2019

globalaktual.com, BATANG – Ratusan pelajar SMA sederajat bersaing untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Batang 2019. Para pelajar ini mulai bersaing dengan mengikuti seleksi tahap awal yang digelar beberapa waktu lalu di Lapangan Kampus Dracik Batang.

Demikian disampaikan Kabid Pora Disparpora Batang, Siti Ghoniyah saat diwawancarai usai kegiatan, Selasa (2/4). Dijelaskan pada kesempatan lalu ratusan pelajar ini sudah melewati tahap awal dengan tes samapta ringan dan teknik PBB.

“Alhamdulillah beberapa waktu lalu sudah kami gelar seleksi tahap awal yakni samapta ringan dan teknik PBB. Ada sekitar 370an siswa yang ikut. Dan dari hasil tersebut sudah kami saring 135 anak untuk masuk ke tahap berikutnya,” terang perempuan yang dikerap disapa Bu Onik ini.

Dijelaskan, para peserta yang masuk tahap dua akan kembali mengikuti seleksi. Yakni seleksi wawancara dan kesehatan pada 6 April mendatang. Nantinya akan dipilih 75 pelajar untuk menjadi Paskibraka Batang 2019.

“135 anak ini nantinya akan kami seleksi kembali, yakni wawancara dan kesehatan. Karena ini penting dan cukup menentukan langkah mereka ke depannya. Setelah itu nanti kami pilih 75 peserta untuk mengikuti pelatihan intensif hingga mendekati hari H, 17 Agustus mendatang,” imbuhnya.

Bu Onik menambahkan, jika seleksi Paskibraka 2019 ini memang lebih ketat ketimbang tahun sebelumnya. Oleh karenanya seleksi dilakukan selama dua hari agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu pihaknya juga melakukan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah. Sehingga semakin banyak pelajar potensial yang mengikuti seleksi ini.

“Kami dibantu Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Batang melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah. Memberikan sosialisasi dan motivasi agar semakin banyak pelajar khususnya yanh berbobot dan potensial untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Alhamdulillah responnya juga meningkat, dan itu juga mempengaruhi kualitas para peserta. Sehingga seleksi pun berjalan ketat karena banyak peserta yang potensial dan performanya apik,” tandasnya. (hendri)

Related posts

Leave a Comment