203 Paralayang Siap Hiasi Langit Batang

globalaktual.com, BATANG – Gebrakan demi gebrakan dilakukan Pemkab Batang untuk menggeliatkan dan mempromosikan sejuta potensi wisata yang dimilikinya. 
Salah satunya dengan menggelar even Trip Of Indonesia (TROI), yang akan dihelat pada 25-28 April 2019 mendatang di Bukit Sikuping, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih.

Even besar itu sekaligus dijadikan sebagai media promosi oleh Pemkab Batang, agar masyarakat luas mengetahui bahwa ada destinasi wisata Paralayang di Kabupaten Batang. Terlebih, destinasi wisata adrenalin itu sudah diluncurkan Pemkab sejak April 2018 silam, yang ditandai dengan digelarnya ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Paralayang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso mengungkapkan, even TROI akan menjadi even paralayang terbesar yang pernah ada di Kabupaten Batang, dengan jumlah peserta mencapai 203 orang.

“Antusiasme para peserta yang akan mengikuti kejuaraan paragliding pada even TROI ini cukup luar biasa, bahkan membludak. Sehingga, kami terpakasa menutup pendaftaran peserta sejak tanggal 2 April kemarin di angka 203,” terangnya.

Ia mengatakan, para peserta kejuaraan paragliding itu tak hanya datang dari satu daerah saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, juga ada dua atlet internasional yang akan ikut memeriahkan.

“Event TROI ini sekaligus masuk dalam serangkaian kemeriahan HUT ke 53 Kabupaten Batang. Jadi, selain memang untuk kejuaraan, kami juga persilahkan bagi masyarakat yang ingin mencoba menikmati paralayang di Bukit Sikuping dengan fun games dan tandem,” ujarnya.

Dijelaskan juga oleh Wahyu, bahwa even TROI itu merupakan kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Olahraga Rekreasi yang bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan Pemkab Batang.

Sementara itu, Bupati Batang, Wihaji mengatakan bahwa dengan akan digelarnya Kejurnas yang melibatkan atlet di seluruh Indonesia itu, diharapkan bisa memberi dampak bagus bagi Kabupaten Batang.

“Even ini saya kira sebagai ajang kejuaraan yang sangat bagus, untuk bisa sekaligus perkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia bahwa Kabupaten Batang juga memiliki berbagai potensi alamnya yang indah, yakni Bukit Si Kuping,” jelasnya.

Ditambahkan dia, ke depan kegiatan kejuaraan seperti itu akan dijadikan sebagai agenda tahunan tingkat nasional. Langkah tersebut juga untuk mendukung tahun kunjungan wisata 2022, dengan mengembangkan tempat latihan paralayang dan membuka potensi destinasi wisata baru yang memiliki multiplayer efek ekonominya. (Hendri)

Related posts

Leave a Comment