203 Atlit Paralayang Se-Indonesia akan Ramaikan Paragliding TROI di Bukit Sikuping Batang

globalaktual.com, BATANG – Sebanyak 203 atlit paralayang akan mengikuti kejuaraan Paragliding Trip Of Indonesia (TROI) Bupati Batang Cup 2019 yang akan mulai berlangsung Kamis (25/4/2019). Kegiatan yang juga menyemarakan HUT Kabupaten Batang ke-53 ini akan digelar di Bukit Sikuping, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih.

Bukit dengan ketinggian 600 meter dari permukaan laut (MDPL) menawarkan keindahan laut jawa yang membentang luas dan kesuburan hutan karet dan keindahan hutan Alas Roban nan hijau bagai permadani.

Bukit yang masuk wilayah PT. Perkebunan Nusantara 9 Siluwuk telah dikerjasamakan dengan Pemkab Batang untuk dikembangkan sebagai objek wisata ekstrim, dan telah ditetapkan untuk take of olahraga paralayang. Lokasi tersebut menurut induk organisasi Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) merupakan lokasi terbaik terbang paralayang se-Jawa.

Kegiatan TROI dimandegani oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Olahraga Rekreasi yang bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia dan Pemkab Batang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan antusias peserta yang akan mengikuti kejuaraan paragliding pada even TROI cukup membludak. Bahkan pihaknya harus menutup di angka 203 pada 2 April lalu.

“Antusias para peserta cukup luarbiasa sehingga terpaksa kami tutup pada tanggal 2 April kemarin, di angka 203. Selain itu juga akan ada dua atlet internasional yang akan ikut memeriahkan,” ujar Wahyu, Rabu ( 24/4).

Wahyu mengatakan, selain kejuaraan, pihaknya juga memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin menikmati sensasi bermain paralayang di Bukit Sikuping dengan fun games dan tandem.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan, dengan digelarnya kejuaraan nasional yang melibatkan atlet di seluruh Indonesia akan membawa berdampak bagus bagi daerah.

“Ini sebagai ajang yang sangat bagus karena kita juga bisa sekaligus perkenalkan ke seluruh Indonesia bahwa Kabupaten Batang juga memiliki berbagai potensi alamnya yang indah, salah satunya Bukit Sikuping,” jelas Bupati Wihaji.

Untuk rangkaian kegiatan sebelumnya peserta akan mengikuti welcome party di Rumah makan Sendang Wungu pada Kamis (25/4) malam, dan pada Jumat (26/4) Bupati Batang akan membuka perlombaan Paragliding TROI yang dilanjutkan dengan Free Style JAR ( Trabas ). Untuk hari Sabtu melanjutkan open lomba sampai hari Minggu (28/4) April ada Flay Games dan penyerahan hadiah. (red/h3n)

Related posts

Leave a Comment