Jambanisasi Di Aceh Timur, TNI Ajak Masyarakat Hidup Sehat

By: Ardi.

globalaktual.com, Aceh Timur – Babinsa Koramil 15/Peureulak Barat Kopda Erdy Gunawan dan Kopda Sulaiman melaksanakan kegiatan karya bhakti (Karbak) jambanisasi, yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu dan yang belum memiliki jamban. Kali ini, sasaran jambanisasi atau pembuatan jamban adalah di rumah seorang buruh tani, Syamsiah Hamid (59) warga Desa Beusa Baroh, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (12-05-2019).

Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian Kodim 0104/Aceh Timur terhadap kondisi masyarakat di wilayah binaannya yang belum memiliki jamban. Karena kondisi kehidupan masyarakat tanpa memiliki jamban, apabila dibiarkan berlarut-larut akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dan warga itu sendiri, “ungkap Danramil 15/Plkb Kapten Inf Mashudi kepada Tim Media Center.

Pembuatan jamban di wilayah Koramil 15/Plkb dilaksanakan secara tersebar di setiap desa. Sebelum pembuatan, para Babinsa melakukan cek dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran, “tegasnya.

Meski dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pengadaan jamban masih kita lakukan.Yang terpenting, masyarakat bisa hidup sehat, dengan memiliki jamban di rumah, ”jelasnya lagi.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasi tentang jambanisasi, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis mengatakan bahwa, jamban tersebut merupakan penyedia sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan.

Kegiatan pembuatan jamban ini merupakan wujud Karya Bhakti TNI untuk kepentingan masyarakat, yang meliputi bidang fisik dan non fisik, dalam rangka memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ujar Dandim.

Kegiatan ini disamping dapat meringankan beban masyarakat, juga jalinan komunikasi sosial juga akan tercapai, guna memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat,

Melalui kegiatan jambanisasi ini, mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera, ”pungkasnya. (*)

Related posts

Leave a Comment