Separoh Lebih DPRD Banjarnegara 2019-2024 diisi Wajah Baru

globalaktual.com, Banjarnegara – Hampir separuh lebih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kab Banjarnegara, Jawa Tengah, periode 2019-2024 hasil perolehan suara Pemilu Legislatif 2019 diisi oleh wajah-wajah baru atau anggota dewan petahana hanya 16 Orang saja.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Banjarnegara Cahyani Budi Rahmawati, di Banjarnegara, Selasa, mengatakan hingga selesai rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten, belum ada caleg yang komplain terkait hasil perolehan suara di masing-masing daerah pemilihan. “Kalau ada perbaikan iya, tapi itu pun sudah terselesaikan,” katanya.

Menurut dia, jika ada caleg yang memperselisihkan hasil perolehan suara Pemilu Legislatif 2019, maka pihaknya menyarankan agar caleg tersebut segera melaporkan ke pihak-pihak terkait agar segera diproses.”Kalau perselisihan terkait proses lapornya ke Bawaslu, kalau terkait tindak pidana pemilu lapornya ke Gakkumdu, terkait keputusan KPU lapornya ke PTUN dan kalau terkait hasil lapornya ke Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia, pengumuman resmi anggota DPRD Banjarnegara terpilih baru bisa dilakukan sekitar Juni 2019 dengan catatan tidak ada perselisihan atau Sengketa Hasil Pemilu (PHP). Diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019, ada sekitar 34 dari 50 anggota DPRD Banjarnegara periode 2014-2019 adalah muka baru dan 16 Anggota DPRD yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Banjarnegara periode 2019-2024.

Adapun 19 anggota DPRD Banjarnegar yang kembali terpilih tersebut adalah dr Amalia Desiana dan H Didi Sunaryo (PDIP), Arif Budi Waluyo, SE,;Khusnul Latoif dan Siti Komariah, SE (PKB), Marsudin dan Diah Windarti M (P Gerindra), H Bawono, S.Sos MM; Djarkasi, STh Agus Junaedi, Ssos, MM (P Golkar), H Edi Purwanto, SE (PPP),Drs Bambang Prawoto Sutikno dan Slamet Santosa, Bsc; Isnan Rijadi Achmad, Ryan Aditya Wahyu Pradana SKm(PAN), Sri Rahayu, SH, MM dan Siti Mudriati, SH, Moch Rachmanudin (P Demokrat). Dan Revi Tanelia yang dari Gerindra Pindah Ke Hanura.

Sementara itu Harmono, SH MM ketua Aliansi Wartawan Indonesia Banjarnegara berharap dengan adanya muka baru DPRD Banjarnegara ke depan membawa perubahan yang nyata untuk pembangunan Banjarnegara.

“Semoga wakil rakyat yang terpilih nantinya dari wajah baru benar-benar pilihan rakyat bukan karena ada sesuatunya karena memilih, ini akan berdampak perubahan nyata untuk fungsi kontrol pembangunan di Banjarnegara, dengan adanya fungsi kontrol dan budgeting yang dimiliki DPRD difungsikan dengan baik dalam pengawasan eksekutif, akan ada sering kepentingan yang nyata untuk pembangunan yang pro rakyat,” ucapnya (Ard/sopar/tgh)

Related posts

Leave a Comment