Arus Mudik, Waspadai Ancaman Teroris dan Kriminalitas

globalaktual.com, KAJEN – Jelang Idul Fitri 1440 H/ 2019, Polres Pekalongan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Linsek) dengan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh elemen masyarakat di aula Polres Pekalongan, kemarin. Rapat dilakukan untuk mengetahui kesiapan pengamanan arus mudik tahun 2019.

Waka Polres Pekalongan Kompol Mashudi mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun secara rutin, karena pasti adanya perubahan-perubahan data terkini. Terkait jalur pantura, tim gabungan Polres Pekalongan akan menyediakan dan menyiapkan pengamanan jalur maupun pengamanan di jalur jalan tol yang pada tahun ini berfungsi secara maksimal.

“Tentunya rapat ini untuk menyinergikan seluruh elemen tentang kesiapan menghadapi hari raya Idhul Fitri. Beberapa hal yang perlu diwaspadai adalah adanya ancaman teroris dan ancaman tindak pidana saat arus mudik maupun arus balik di wilayah Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Kemudian tidak kalah pentingnya tentang malam takbir. Ia berharap semua pihak ikut megingatkan agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling. Takbiran bisa dilakukan di wilayah masing masing saja.

“Di wilayah Kabupaten Pekalongan libur Panjang juga biasanya digelar hiburan masyarakat dan mengunjungi tempat wisata. Hal tersebut juga perlu diwaspadai adanya kerawanan tindak kejahatan maupun kelancaran arus lalu lintasnya,” ucapnya.

Senada diungkapkan Asisten 1 Sekda Kabupaten Pekalongan Ali Reza. Kata dia, kegiatan koordinasi ini menjadi penting karena sebagai penguatan dan sinergitas dalam pengamanan perayaan Idhul Fitri agar bisa bersama mengetahui secara rinci titik hambatan dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan dalam pengamanan arus mudik maupun arus balik.

“Terimakasih kita sampaikan kepada pihak kepolisian adanya agenda kali ini bertujuan agar bisa menyamakan persepsi dalam kesiapan pengamanan perayaan Idhul Fitri 1440 H / tahun 2019 nanti,” katanya.

Sementara itu, Pabung Kodim 0710 Mayor Inf Laindah mengatakan, pengamanan hari raya tahun ini diharapkan agar bisa berjalan dengan maksimal yaitu dengan mengadakan penyamaan persepsi melalui kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral terkait pengamanan perayaan Idhul Fitri.

“Kami dari Kodim 0710 Pekalongan siap personel maupun siap dalam kekuatan dalam mendukung kelancaran arus mudik maupun arus balik.”(hen)

Related posts

Leave a Comment