Bupati Batang Kecewa dengan Pengelola Rest Area Jalan Tol, Ini Penyebabnya

BY HENDRI ON MEI 16,2019

globalaktual.com, BATANG – Bupati Batang, Wihaji mengaku kecewa dengan pengelola rest area di jalur tol Batang-Semarang yang masuk wilayah Kabupaten Batang. Pasalnya, selama tiga arus mudik lebaran, tidak pernah berkoordinasi dengan pihak Pemkab.

Padahal, keberadaan Pemkab dalam memberikan pelayanan, khususnya kesehatan sangat diperlukan bagi para pemudik. Mengingat nantinya akan ada ratusan ribu orang yang melintas di jalur tol.

“Jujur saya kecewa dengan pengelola Rest Area yang ada di jalan tol. Mereka tak pernah koordinasi dalam penyelenggaraan layanan bagi pemudik saat arus mudik maupun balik,” ujar Bupati Wihaji kepada pengelola jalan tol saat melakukan peninjauan rest area yang ada di jalan tol wilayah Batang, Kamis (16/05/2019) petang.

Bupati menjelaskan, dalam menyambut arus mudik dan balik, tidak hanya pelayanan berupa fasilitas saja yang diberikan. Namun juga ada unsur kemanusiaannya, terutama dalam pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang menempuh perjalanan jauh.

“Pada arus mudik tahun ini, pemerintah akan memberlakukan one way atau satu arah mulai dari Jakarta hingga Brebes. Perkiraannya, nanti wilayah Batang akan menjadi titik lelah bagi para pemudik. Karena itulah, keberadaan posko kesehatan sangatlah diperlukan.

“Saya tegaskan kepada mereka (pengelola Rest area) masih butuh Pemda apa tidak, kalau tidak, nanti jangan menyalahkan bila ada kekurangan dalam pelayanan, khususnya layanan kesehatan bagi pemudik. Dan harus diingat, pada saat arus mudik bukan hanya pelayanan saja, tapi juga ada unsur kemanusiaannya,” jelas Wihaji ketika meninjau dua rest area yakni di KM 344 Candiareng dan KM 379 Gringsing.

Karena itulah, Bupati Wihaji akan mengundang seluruh pengelolan jalan tol untuk duduk bersama lintas sektoral guna membahas persiapan menyambut arus mudik dan balik mendatang. Hal itu diperlukan agar pelayanan kepada pemudik bisa lebih optimal dan unsur kemanusiaannya juga tetap diperhatikan.

“Untuk menyambut arus mudik sendiri, kita akan siapkan mobil kesehatan di posko kesehatan juga para medis, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa langsung kita tangani. Karena itulah, pada peninjauan ini saya ajak kepala dinas kesehatan guna memastikan langsung pada pengelola Rest area lokasi posko kesehatan yang disediakan nanti,” tandas Wihaji. (GA Tim)

Related posts

Leave a Comment