PDAM Batang Jamin Pasokan Air Lancar Selama Libur Lebaran

globalaktual.com, BATANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Batang menjamin pasokan air bersih ke rumah warga lancar selama libur lebaran. Bahkan, PDAM membuka layanan 24 jam untuk memberikan pelayanan prima selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H mendatang.

Direktur PDAM Kabupaten Batang, Yulianto SH menyatakan, pihaknya menjamin pasokan air bersih ke rumah-rumah warga lancar selama lebaran. Persedian air yang ada di sejumlah sumber air yang dimiliki PDAM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Batang selama lebaran lebih dari cukup.

“Berkaca dari tahun tahun sebelumnya, memasuki perayaan lebaran, terjadi lonjakan penggunaan air bersih. Namun demikian, lonjakan itu tidak signifikan, sehingga tidak sampai mengganggu stabilitas penggunaan air bersih,” ujar Yulianto, saat ditemui di kantornya.

Ia mengatakan, debit air di masing-masing sumber dalam kondisi penuh dan 100 persen bagus. Untuk itu, PDAM Batang berani menjamin distribusi air bersih ke pelanggan selama lebaran lancar. “Saat ini, kurang lebih debit air PDAM Batang mencapai 600 liter per detik. Jumlah itu masih cukup untuk mengaliri jumlah sambungan rumah (SR) yang mencapai kurang lebih 47 ribu,” katanya.

Dia mengimbau kepada pelanggan jika terjadi gangguan distribusi segera melapor agar bisa ditangani secepatnya. “Kalau dalam beberapa waktu perbaikan belum selesai, distribusi air ke pelanggan akan dilakukan dengan cara dropping menggunakan mobil tangki,” paparnya.

Guna menudukung dan mem-backup distribusi air bersih selama lebaran, kata Yulianto, PDAM telah menyiapkan enam unit mobil tangki. Mobil itu disiagakan selama 24 jam, sehingga jika terjadi ganggungan distribusi air bersih ke pelanggan bisa ditangani dengan cepat.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, selama lebaran seluruh pelanggan bisa terlayani dengan baik. “Meski demikian, kami tetap melakukan langkah persiapan untuk menghadapi Lebaran. Sebab kami tidak ingin mengecewakan pelanggan,” ujarnya.

Menurut Yuli, berdasarkan hasil pengecekan di lapangan, mesin produksi dan jaringan distribusi air bersih dalam kondisi baik. Selama lebaran, stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dijamin tidak ada masalah.

Dikatakan, PDAM Batang selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan dengan menjaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Hal itu dilakukan melalui penguatan sumber sumber mata air serta menambah kapasitas debit air. Selain itu, pihaknya juga melakukan patroli jaringan, untuk menekan tingkat kehilangan air.

“PDAM Batang selalu berusaha untuk bisa menjaga sistem pelayanan, baik itu kulitas, kuantitas maupun kontinuitas. Kami punya statmen, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan PDAM Kabupaten Batang,” tegasnya. (H3n)

Related posts

Leave a Comment