Pemkab Batang Siap Sulap Jalan Dr Soetomo seperti Malioboro

globalaktual.com, BATANG – Keseriusan Pemkab Batang untuk menunaikan janjinya membangun Jalan Dr Sutomo seperti kawasan Malioboro di Daerah Istimewa Yogyakarta terus ditunjukkan.

Bupati Wihaji turun langsung ke lapangan, guna mengecek kesiapan jalur protokol sepanjang 200 meter tersebut.

Di sela tinjauannya, Bupati Wihaji mengatakan, Pemkab Batang akan segera merubah tampilan Jalan Dr Sutomo menjadi cantik. Selain akan ada Taman Soetomo, Pemkab juga berencana mendirikan Galeri UMKM di sepanjang Jalan Dr Soetomo.

“Jadi tidak akan sama persis seperti Malioboro, karena di sepanjang Jalan Dr Sutomo nanti tidak akan ada pedagang kaki lima. Namun konsepnya nanti, kita akan taruh beberapa kapal di sepanjang jalan tersebut, untuk kemudian di dalamnya akan ada Galeri UMKM. Selain itu, kita juga akan bangun Taman Soetomo, untuk tempat bersantai masyarakat,” terangnya.

Menurut Wihaji, rencana itu akan dikerjakan secara bertahap guna menyiasati keterbatasan anggaran. “Untuk tahap pertama di tahun ini, Pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp 1,7 miliar. Anggaran itu kita fokuskan untuk pembangunan Taman Soetomo,” katanya.

Menurutnya, apabila penataan Jalan Dr Soetomo itu sepenuhnya sudah selesai, maka akan dijadikan sebagai ikon Kota Batang. “Akan kita jadikan sebagai rujukan wisata. Nantinya wisatawan bisa menikmati Taman Soetomo. Mereka bisa duduk duduk santai, sambil melihat aliran sungai di sisi timur dan barat. Wisatawan juga bisa sekaligus membeli oleh oleh, yang ada di Galeri UMKM,” paparnya.

Selain taman dan Galeri UMKM, Pemkab Batang juga berencana menghadirkan wisata kuliner dan wisata lainnya di sepanjang Jalan Dr Sutomo. “Untuk kuliner, sementara masih di Pujasera, karena untuk penataan kuliner dan wisata lainnya di sepanjang Jalan Dr Soetomo baru akan dilanjutkan pada tahun 2020 mendatang,” jelasnya.

Pemkab akan melakukan konsultasi terkait Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALLALIN), agar tidak terjadi kesemrawutan dan menjadi satu arah.

Sedang untuk pedagang yang saat ini menempati di sepanjang Jalan Dr Soetomo, saat ini Pemkab Batang tengah mencari solusi, apakah dipindah ke Pujasera atau tempat lain. Sementara terkait kerawanan banir tiap musim hujan, Bupati berjanji untuk segera mengatasinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Eko Widiyanto mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi kepada pedagang yang ada di sepanjang Jalan Dr Soetomo. Bahkan sebagian pedagang sudah setuju apabila nantinya dipindahkan ke Pujasera atau tempat yang memang dinilai strategis.

“Total ada 47 pedagang, sudah sebanyak dua kali kami melakukan sosialisasi dan akan segera direlokasi ke tempat yang sudah disediakan agar pembangunan bisa dapat dilaksanakan segera,” pungkasnya. (Hen)

Related posts

Leave a Comment