Polisi Amankan Sejumlah Petasan Ukuran Besar

globalaktual.com, KOTA PEKALONGAN – Belasan petasan atau mercon berbagai ukuran, sebagian besar berukuran cukup besar, berhasil disita dan diamankan jajaran Polsek Pekalongan Selatan dalam razia yang digelar pada Jumat (17/5) dini hari.

Selain belasan petasan siap ledak, polisi juga mengamankan beberapa bungkus bahan pembuat petasan serta sumbu petasan.

Barang-barang tersebut sudah dibawa ke Mapolsek Pekalongan Selatan untuk diamankan sebagai barang bukti. Petasan-petasan tersebut sebelumnya diamankan dari beberapa lokasi di Pekalongan Selatan. Sebagian besar, didapatkan dari sekitar Jl KH Ahmad Dahlan, Banyurip Ageng, Kelurahan Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan pada Jumat dini hari, usai kejadian ledakan petasan yang sampai melukai dua orang remaja.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol I Ketut Lanus menuturkan, sebenarnya sudah sejak jauh-jauh hari sebelum Ramadan pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa petasan berbahaya dan tidak boleh diledakkan dimanapun. “Apalagi di dalam suasana puasa Ramadan seperti saat ini,” katanya, Jumat (17/5).

Ia pun memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan patroli. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran patroli adalah Jalan KH Ahmad Dahlan, Banyurip Ageng, Banyurip, Pekalongan Selatan. “Sejak tadi malam sudah saya perintahkan anggota supaya berpatroli dan mengawasi lokasi tersebut. Sebabnya, informasi dari masyarakat, lokasi tersebut sering dipakai untuk aktivitas meledakkan petasan. Itu dilakukan biasanya usai waktu salat Subuh,” ungkap Kompol Lanus.

Benar saja, begitu lokasi tersebut didatangi, terdapat ratusan bahkan mungkin seribu lebih warga yang berkumpul. Beberapa dari mereka bahkan ada yang menyalakan petasan. “Kita datangi tempat tersebut, kita beri imbauan agar tidak menyalakan petasan. Hasilnya kita juga mengamankan beberapa petasan berbagai ukuran. Ada juga yang diameternya seukuran kaki orang dewasa. Termasuk juga obat petasan dan sumbu petasannya. Ini kita amankan sebagai barang bukti, akan kita selidiki lebih lanjut, dari mana bahan atau obat petasan ini berasal,” terangnya.

Lanus menambahkan, petasan-petasan tersebut sudah siap diledakkan. Beruntung, petasan tersebut bisa cepat diamankan. “Semuanya siap diledakkan. Kalau kita tidak cepat mengambil langkah mengamankan barang ini, mungkin akan lebih banyak ledakan petasan dan akan lebih banyak korban,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, operasi dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, termasuk mengantisipasi masyarakat yang akan menyalakan petasan, dalam waktu-waktu mendatang akan terus ia laksanakan. “Semoga tidak ada lagi yang menyalakan petasan dan tidak ada lagi korban akibat petasan,” tandasnya. (Hen)

Related posts

Leave a Comment