Ganjar Ajak Pengunjung untuk Jaga Wisata di Jawa Tengah dari Sampah

globalaktual.com, KAJEN – Orang No 1 di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, berkunjung ke tempat wisata Bengkelung Park Dukuh Rancah, Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro.

Ganjar sangat terkesan dengan keindahan alam yang disuguhkan di wisata Bengkelung Park ini, tetapi menyanyangkan tentang banyaknya sampah yang ada di wisata Bengkelung Park, karena musim liburan akhirnya banyak pengunjung yang datang tetapi di edukasi untuk membuang sampah pada tempatnya atau membawa bekal makan dan minuman dari rumah saja.

Beliau berinisiatif agar wisata Bengkelung Park bersih kembali dan mengajak para pengunjung untuk membersihkan sampah sebagai syarat untuk foto bersama dengan beliau. Para pengunjung dengan antusias langsung mencari sampah yang berserakan dan membuang sampah pada tempatnya agar bisa berswafoto atau berselfie dengan Ganjar Pranowo.

Ganjar menuturkan bahwa untuk pengelolaan awal sudah bagus tetapi itu tidak cukup hanya bagus tetapi harus profesional, Persoalan pertama yang harus dilakukan adalah harus mempromosikan dengan baik.

“Cara yang paling gampang sebenernya membuat event dan memviralkan setiap kegiatan di medsos, Kemudian bertanya kepada masyarakat venue apa yang harus ada disekitar sini, wahana apa yang harus dibuat diwisata ini,” ucap Ganjar.

Berikutnya yang merupakan konsen saya, yaitu sampah. Sampah harus ditaruh pada tempatnya, tidak boleh para pengunjung membuang sampah disetiap tempat, dan itu nanti akan mengurangi keindahan yang ada di Bengkelung Park.

“Saran saya agar lebih indah, bekerjasamalah dengan perguruan tinggi untuk mendesainkan landscape agar ada 1 desain yang menarik. Sehingga orang yang datang ke Bengkelung Park selain menikmati alam yang indah dan mandi di air yan jernih, juga ada spot foto yang bagus sehingga orang selalu mengenang Bengkelung Park,” ucap Ganjar.

Untuk masalah sampah saya berharap agar pengelola dan pemerintah daerah serius juga dalam menangani, salah satunya menunjuk salah satu orang ditugaskan untuk berpratoli mengawasi orang yang buang sampah sembarangan dan mengedukasi masyarakat agar buang sampah pada tempatnya.

Terpisah, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menambahkan Bupati sangat setuju dengan pesan bapak Gubernur bahwa kita semua harus selalu menjaga wisata kita agar selalu bersih dan bisa dinikmati orang banyak dari sampah yang tidak enak dipandang mata.

“Nanti kita akan buatkan satgas khusus untuk semua pariwisata di kabupaten pekalongan untuk ditugaskan sebagai pengawas sampah dan berpatroli mencari sampah. Kita di Jawa Tengah sedang konsen tentang mengatasi sampah plastik, Indonesia merupakan negara penghasil sampah terbesar ketiga sampah plastik di seluruh Dunia,” terang Bupati.

Keindahan di Bengkelung Park ini merupakan karunia alam yang harus kita jaga dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kedepan juga diharapkan ada event-event tertentu yang digelar agar bisa manarik pengunjung.

Pemerintah mempunyai 2 fungsi yaitu fasilitasi dan aturan main atau regulasi. Nanti akan berkerjasama dengan Perhutani dengan legal yang kuat agar bisa membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.

Pemkab Pekalongan selalu berupaya untuk mengurangi dan membatasi penggunaan plastik di kawasan pemerintahan supaya tidak menjadi sampah plastik yang sangat sulit diurai. (hen)

Related posts

Leave a Comment