Libur Lebaran Asyiknya Mandi Air Hangat di Tempuran Murmer

By: Ardi.

globalaktual.com, BANJARNEGARA – Libur lebaran banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga salah satunya dengan berwisata. Salah satu destinasi wisata alam yang menjanjikan nuansa segar pegunungan bisa ditemukan di objek wisata Tempuran Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Badan lelah langsung segar setelah terkena air hangat yang memancar dari mata air belerang yang membentuk telaga kecil persis di bawah kumpulan batu besar. Para pengunjung dipisah Wanita dan Pria dalam bilik – bilik tertutup yang tersedia. Pengunjung juga bisa berendam di kolam air hangat yang berada di tebing Bukit.

Biasanya air yang bercampur belerang akan mengeluarkan bau menyengat, tetapi di Tempuran ini air yang ada di kolam rendam ataupun di pancuran jernih dan tidak mengeluarkan aroma menyengat khas belerang.

Menurut Kades tempuran Sutaryono mengatakan bahwa obyek wisata pemandian air hany=gat ditempuran selalu ramai karena murah meriah.

“Pengunjung hanya diberikan biaya tarif parkir kendaraan untuk mobil 5 ribu hari lebaran dan 2000 untik motor, sedang hari biasa mobil 3ribu dan motor seribu,” ungkapnya.

Parapengunjung tidak usah hawatif soal peralatan mandi dan makan minum tersedia di warung-warung sekitar Obyek tersebut.

“Tak usah khawatir kalau tidak bawa sabun dan sampo sudah tersedia di warung yang berada dlokasi harganyapun tidak nutuk, disediakan makanan dan minuman setelah mandi,” pungkas Kades tempuran.

Obyek Wisata Tempuran Banjarnegara Jateng, air di pancuran yang berada dalam 2 Titik yang dikelola Pemdes (Pemuda tempuran ) dan Milik mantan kades tempuran itu yang ada duabilik untuk wanita dan pria satu tempat terbuka. Mandi menggunakan air belerang di Kalianget berkhasiat menghilangkan pegal-pegal, penyakit kulit, serta meriang. Tak heran jika para pengunjung banyak yang berkomentar langsung merasa fresh usai terkena basuhan air hangat Kalianget.

Berjarak lebih kurang sepuluh kilometer dari Jalan Raya Banjarnegara – Karangkobar Wanayasa objek wisata yang terletak di antara perbukitan Ronggo jembangan di dusun Kaliputih Desa Tempuran ini memang belum memiliki akses angkutan umum namun dari Jalan Besar Wanayasa Pekalongan tidak jauh Cuma 2 kilometer.

Namun jalan aspal menuju lokasi sudah bisa dilalui kendaraan roda empat karena merupakan jalur Wanayasa Pekalongan yang menuju Banjarnegara. Suhu udara terasa sejuk sehingga nyaman untuk beristirahat bersama keluarga. Salah satu pengunjung asal Kandangserang Kabupaten Pekalongan, Gufron (35) mengatakan dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke tempuran.

“Tahunya dari teman, pas ke sini memang asyik, masih alami. Habis mandi rasanya segar sekali. Menghilangkan capek setelah kerja. Kalau ada kebun binatang dan kafe mungkin tambah betah,” ujar Gufron. (ard)

Related posts

Leave a Comment