Ada 51 Ribu Lansia di Kabupaten Batang

BY HENDRI ON JULI,2019

globalaktual.com, BATANG – Angka harapan hidup di Kabupaten Batang dari ke tahun mengalami peningkatan, jika pada tahun 2012 ada sekitar 41 ribu orang lanjut usia (Lansia), maka di 2017 hingga 2018 meningkat menjadi 51 ribu orang.

“Orang lanjut usia tolak ukurnya berusia sampai 65 tahun keatas, dan berdasarkan data di Pemkab Batang mencapai 51 ribu orang. Semakin kesini angka harapan hidup kita semakin tinggi, di tahun 2012 mungkin sekitar 41 ribu di tahun 2017-2018 mencapai 51 ribu lansia,” ujar Bupati Wihaji saat memberi sambutan pada acara Hari Lansia Nasional tingkat Kabupaten Batang yang diadakan di agro wisata Sikembang, Baldo, Senin ( 1/7/2019)

Pada acara tersebut, puluhan orang lanjut Usia diajak piknik bersama di Obyek Wisata Si Kembang, Kecamatan Blado. Tidak hanya menikmati sejuknya udara pegunungan saja, pada kesempatan itu mereka juga diajak untuk berolahraga bersama dengan senam lansia di bawah rindangnya pohon pinus.

Bupati Wihaji mengungkapkan, pemerintah daerah tidak mampu untuk menanggung bantuan bagi seluruh lansia yang ada, sehingga dinas sosial wajib memfasilitasi agar bisa mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Program Non Tunai (BPNT).

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang, Djoko Tetuko mengatakan, peringatan hari lansia digelar sebagai wujud kasih sayang dan menghotmati lansia.

“Hari ini momentum untuk memperingati hari lansia nasional tingkat Kabupaten Batang, yang berdasarkan analisa kami di 5 tahun terakhir lansia bertambah, sehingga secara otomatis harapan hidup bertambah,” jelas Djoko Tetuko.

Dikesempatan tersebut juga diberika bantuan paket sembako kepada 65 lansia, yang berasal dari Kecamatan Blado. “Kegiata ini kami gelar di Obyek Wisata untuk mendukung tahun kunjungan wissta 2022. Selain untuk memberikan hiburan kepada lansia, juga untuk promosikan obyek wisata yang ada di Kabupaten Batang,” jelasnya Djoko Tetuko

Sementara Kuswati (65) asal Desa Gondang Kecamatan Blado usai mengikuti senam mengatakan, sudah sering mengikuti kegiatan senam lanjut usai di desanya yang jadwalnya satu minggu sekali. Selain itu, dirinya juga melakukan cek kesehatan rutin sebulan sekali yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Kecamatan Blado.

“Senam lansia satu minggu sekali, kalau cek kesehatan gratis di Posyandu lansia yang ada di Balai Desa satu bulan sekali,” kata Kuswati

Kuswati meminta kepada Bupati Batang agar sering pula dilakukan kegiatan senam lansia, karena selain menyehatkan juga bisa silaturhami temen-temen dari berbagai kecamatan untuk saling curhat. (Hendri)

Related posts

Leave a Comment