Semarang Night Carnival 2019, Berkelas Internasional

globalaktual.com, KOTA SEMARANG – Ribuan warga memadati sepanjang Jalan Imam Bonjol, Jalan Kapten Pierre Tendean, dan Jalan Pemuda, Kota Semarang, Rabu (3/7/2019) malam. Mereka menyaksikan pawai budaya Semarang Night Carnival (SNC) 2019 bertema Pelangi Nusantara.

Kemeriahan event rutin tahunan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena pawai budaya kali ini diikuti 98 Pemerintah Kota (Pemkot) se-Indonesia yang sekaligus menjadi peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke XIV di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selain itu juga diikuti oleh perwakilan dari sejumlah negara Hongkong, Jerman, Belanda, Australia, dan Thailand. Perwakilan masing-masing kota menampilkan tradisi khas budaya lokal dan memamerkan kostum pakaian adat secara spektakuler. Total peserta SNC 2019 ini mencapai 4.148 orang.

Berbagai atraksi tradisional dari seluruh penjuru nusantara ditampilkan dalam pawai budaya tersebut. Dari Kota Banten misalnya, menampilkan atraksi spektakuler pertunjukan khas debus oleh para jawara. Para pemain debus tersebut menunjukkan ilmu kekebalan tubuh yang tidak mempan bacokan parang. Begitupun Kota Mataram menampilkan pertarungan antar lelaki menggunakan rotan sebagai seni tradisi persahabatan. Kota Pasuruan menampilkan seni Barong. Kota-kota lain pun tak ketinggalan untuk menampilkan tradisi khas masing-masing. Beberapa peserta pawai juga membagikan souvenir khas masing daerah kepada para penonton SNC 2019. Hal itu membuat suasana menjadi semakin meriah.

“Wah, meriah banget. Sebagai warga Kota Semarang, saya bangga. Pawai budaya ini menjadi bukti kekayaan budaya nusantara yang sangat beragam. Penampilan masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri. Ada alat musik tradisional, tarian, kuliner khas, tradisi budaya, dan lain-lain,” kata Dwi Riyanti (24), salah satu warga Kota Semarang yang menonton karnaval Semarang Night Carnival 2019 tersebut.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, SNC 2019 kali ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Selain diikuti oleh 98 kota di Indonesia, event kali ini juga diikuti negara tetangga seperti Australia, Cina, Jerman dan lainnya. “98 kota di seluruh Indonesia mengirimkan delegasinya.

Mereka malam hari ini berkumpul di Kota Semarang untuk memeriahkan Semarang Night Carnival yang ke sembilan. Event kali ini mendapatkan label International karena juga diikuti oleh perwakilan sejumlah negara seperti Hongkong, Jerman, Belanda, Australia dan lain-lain,” katanya.

Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi mengatakan, event SNC kali ini melibatkan peserta 4.148 peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. “Kalau SNC sebelumnya hanya melibatkan kurang lebih 700-800 peserta, kali ini melibatkan 4.148 peserta. Saya ucapkan terima kasih, mereka tertib, datang on time dan disiplin. Mudah-mudahan Semarang menjadi kota yang lebih baik,” katanya.

(Hendri)

Related posts

Leave a Comment