Pemkab Batang Gelontorkan Rp 9 Untuk Benahi Jaringan Irigasi

BY HENDRI ON JULI,2019

globalaktual.com, BATANG – Pemkab Batang menunjukkan keseriusannya dalam merealisasikan program penataan irigasi, yang menjadi bagian dari janji kampanye Bupati Wihaji dan Wabup Suyono. Tahun ini, tercatat ada 20 jaringan irigasi (JI) yang dibenahi dengan total anggaran mencapai Rp 9 miliar.

“Jumlah total kegiatan pemeliharaan rutin jaringan irigasi tahun 2019 ini ada 20, di antaranya sembilan jaringan irigasi dengan sumber dana dari DAK senilai Rp 4,2 miliar. Sementara, 11 kegiatan rutin lainya dari APBD senilai Rp 4,8 miliar,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, Karyono, kemarin.

Ia mengatakan, perbaikan jaringan irigasi di wilayah Kabupaten Batang menjadi konsentrasi Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono, karena sesuai dengan janji kampanyenya, yakni jalan mulus dan irigasi terurus.

Adapun sembilan kegiatan pemeliharaan yang bersumber dari DAK meliputi rehabilitasi irigasi Karanganyar Desa Karanganyar, Kecamatan Reban dengan nilai kontrak mencapai Rp 280 juta.

Rehabilitasi JI Bolodewo, Kecamatan Bawang dan Tersono nilai pengerjaanya Rp 733 juta. Rehabilitasi JI Jogoloyo, Desa Karanganom, Kecamatan Kandeman Rp 260 juta. Rehabilitasi JI Aji Andap, Kecamatan Bawang Rp 637 juta.

Rehabilitasi JI Pondokgiono, Kecamatan Gringsing nilai pengerjaanya Rp 202 juta, dan rehabilitasi JI Candi, Kecamatan Bandar Rp 720 juta. “Dari enam jaringan irigasi tersebut, sudah dalam pelaksanaan pengerjaan sejak 28 Juni dan akan selesai pada 25 Oktober 2019,” terang Karyono.

Sisanya, tiga jaringan irigasi lainnya, yaitu rehabilitasi JI Sirandu, Kecamatan Reban senilai Rp 238 juta, Irigasi Gandu Pandan, Subah Rp 203 juta dan JI Siluke, Kecamatan Bandar Rp 307 juta yang saat ini masih dalam tahap lelang.

Sedang untuk 11 kegiatan yang bersumber dari APBD 2019 yakni pembangunan saluran irigasi Kali Arus, Kecamatan Bawang, Irigasi Tropong Desa Jolosekti Kecamatan Tulis, irigasi Sirumbing Desa Wonosobo, Kecamatan Reban, irigasi Kemuning Desa Kluwih, Irigasi Posong Kecamatan Tulis, Irigasi Jetis Kecamatan Banyuputuh, Irigasi Sumilir Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal, Irigasi Segog Desa Gombong, Irigasi Tasurang Desa Gemuh, irigasi Jambu Lintang, irigasi Gumiwang Desa Gemuh Kecamatan Pecalungan.

“11 kegiatan bersumber dari APBD senilai Rp 4,8 miliar tersebut tahun ini pasti dikerjakan. Namun, untuk sekarang masih dalam tahap lelang di LPSE,” pungkas Karyono. (Hen)

Related posts

Leave a Comment