Sistem Zonasi Pengaruhi Sekolah Swasta

Pekalongan 9 Juli, 2019

BOJONG,globalaktual.com – Diberlalukannya sistem zonasi pada beberapa jenjang pendidikan negeri sedikit banyak mengundang pro dan kontra, salah satunya bagi penyelenggara pendidikan non formal swasta. Bagi sekolah swasta terdapat beberapa dampak diberlakukannya sistem zonasi di Kabupaten Pekalongan.

Salah satunya diungkap Kepala SMK Islam Bojong, H. Nur Azizah. “Memang dengan adanya sistem zonasi ini sedikit banyak berpengaruh bagi sekolah swasta,” ujar dia.

Pengaruh terbesar sistem zonasi pada SMA Negeri di Kabupaten Pekalongan terkait kuantitas siswa.

“Beberapa sekolah swasta memang mengeluh dengan adanya sistem zonasi karena seluruh siswa pendaftar di SMA negeri sudah pasti diterima jadi minat siswa untuk masuk ke sekolah swasta berkurang,” terangnya.

Pengaruh sistem zonasi tersebut membuat sekolah swasta khususnya SMK Islam Bojong semakin bersemangat untuk menggali potensi serta membuat program-program yang dapat meningkatkan kualitas sekolah. “Tugas kami sekarang adalah mengupayakan agar kepercayaan masyarakat dengan keberadaan sekolah swasta semakin tinggi. Kami tidak hanya ingin menfasilitasi siswa dengan ilmu pengetahuan umum saja melainkan juga pendalaman pendidikan karakter, serta basic pendalaman ilmu agama.

Jelang tahun pelajaran 2019/2020 ini pihaknya berharap agar di akhir program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kuota siswa di SMK Islam Bojong dapat terpenuhi.

“Harapan kami semoga pendaftar dapat terpenuhi, dan kepercayaan masyarakat dengan SMK Islam Bojong semakin tinggi,” tandasnya. (eka)

Related posts

Leave a Comment