Klarifikasi Balon di Pilgub Banten 2017 Menggunakan Aplikasi Canggih

Laporan: A. Haris.

Saipul BahriBanten, globalaktual.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, menetapkan verifikasi jalur perseorangan atau independen dalam tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017, dilakukan menggunakan Sistem Informasi Bakal Calon (Silon) dan Sistem Informasi tahapan (Sitap).

Komisioner KPU Provinsi Banten, Saeful Bahri, menjelaskan, Silon berfungsi untuk mampu membantu verifikasi administrasi bakal calon indpenden. Sementara, Sitap adalah aplikasi yang bisa digunakan bakal calon untuk mengetahui tahapan-tahapan pilgub. Keduanya bisa diakses melalui website resmi KPU Provinsi Banten.

“Namun sebelumnya, kami minta bakal calon independen untuk menyelesaikan semua persyaratan terlebih dahulu, agar ketika penyerahan kepada KPU tidak lagi ada masalah di persyaratan,” kata Saeful Bahri, ditemui di Le Dian Hotel Serang, Jumat (24/6/2016).
Dia menambahkan, hal tersebut untuk menunjang kepentingan administrasi saat verifikasi para bakal calon indpenden itu sendiri.

“Agar bisa langsung diverifikasi secara administrasi oleh KPU Banten. Setelah itu tahapan selanjutnya adalah pendeteksian kegandaan. Diperiksa lagi tuh, nah baru setelah itu di situlah ada perbaikan, nanti diverifikasi faktual yang pelaksanaanya tanggal 21 Agustus sampai 5 September,” ujarnya.

Dia berharap seluruh bakal calon yang maju melalui jalur independen, konsisten melakukan komunikasi dengan KPU.
“Jangan sampai data yang ada tidak sesuai dengan Silon nantinya, karena Silon bisa mendeteksi data bakal calon yang tidak sesuai,” kata Saeful Bahri, menegaskan.

Related posts

Leave a Comment