BNN Provinsi Banten Lakukan Tes Urine di Terminal AKAP Pakupatan Serang

Laporan: Helmiyanto.

BNN Banten lakukan tes urin kepada sopir di terminal pakupatan serangSerang, globalaktual.com – Dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2016, dalam menangani masalah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, serta upaya penanganan terintegrasi di Provinsi Banten, yang salah satu bentuk sinergitas antara BNN Provinsi Banten bersama Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Provinsi Banten dan Polres Serang dalam rangka Tes Urine Narkoba Bagi Pengemudi Angkutan Bus AKAP, Pengemudi Bus Dalam Kota dan Pengemudi Minibus antar Kabupaten di Terminal Antar Kota Pakupatan Serang untuk mendukung keselamatan dalam pelaksanaan angkutan.

Tes Urine Bagi Pengemudi Angkutan Bus AKAP, Pengemudi Bus Dalam Kota dan Pengemudi Minibus antar Kabupaten untuk mendukung keselamatan pelaksanaan angkutan. Kegiatan tes urine ini dilakukan terhadap sekitar 76 supir Bus di Terminal Antar Kota Pakupatan Serang.

Kepala Bidang Pencagahan dan Pemberdayaan Masyrakat BNN Banten, Letkol Sugino mengungkapkn tes urine sengaja di lakukan guna menekan angka kecelakan yang disebabkan oleh pengendara yang mengkonsumsi minuman keras dan narkoba.

“Ini untuk memastikan para sopir tidak mengkonsumsi miras dan menggunakan narkotika,h kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Letkol Sugino ditemui di Terminal Pakupatan, Jumat (25/6/2016).

Menurutnya, bahwa kegiatan tersebut dinilai perlu dilakukan lantaran kerap terjadi supir antar kota antar provinsi (AKAP) mengkonsumsi narkoba dengan alasan agar tidak mengantuk ketika mengemudi.

“Alasannya mereka bisa tidak ngantuk selama mengemudi. Padahal itu hanya sugesti saja, efek setelah itu bisa langsung blank dan bisa terjun ke jurang,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, puluhan supir AKAP maupun elf mengantri mengikuti tes urine dan secara bergantun memberikan cewan berisi urine untuk kemudian dilakukan tes dan pendataan petugas.

Hasil Tes Urine Narkoba yang dilakukan diketahui bahwa 1 supir Bus terindikasi menggunakan Amphetamine. Kemudian supir tersebut dibawa ke kantor BNNP Banten untuk dilanjutkan pemeriksaan selanjutnya.

Untuk kegiatan selanjutnya, BNN Provinsi Banten dan BNN Kota Tangerang Selatan melaksanakan kegiatan Tes Urine Narkoba bagi pengemudi Bus Kramat Djati dan Primajasa untuk mendukung keselamatan dalam pelaksanaan angkutan.(ga)

Related posts

Leave a Comment