Walikota Tangsel Janji Tindak Tegas Penyedia Vaksin Palsu

Laporan: Apriadi.

Walikota Tangsel Janji Tindak Tegas Penyedia Vaksin Palsuglobalaktual.com, Banten – Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyatakan, akan menindak tegas Rumah Sakit, Klinik yang menyediakan vaksin palsu di wilayahnya.

“Kalau misalkan ditemukan (vaksin palsu-red) tentu kita akan tindak tegas,” ungkap Airin kepada wartawan usai menghadiri acara Halal bi Halal bersama Menko Polhukam, dengan Forkominda dan Tokoh Agama se-Provinsi Banten, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Jum’at (22/7).

Airin menjelaskan, bila dari data yang disampaikan Kementerian Kesehatan, di Kota Tangsel belum ditemukan, tetapi pada saat mulai ramai berita vaksin, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPOM Banten.

“Kita mengecek Rumah Sakit Umum Tangsel dan 26 Puskesmas termasuk RS Swasta terus kita evaluasi. Ada aturan dan ketentuan, kalau misalkan tidak sesuai dengan ketentuan, kita selalu melakukan pengecekan dan asistensi,” katanya.
Lebih lanjut, Airin menambahkan, jika pengecekan dan asistenasi dilakukan melalui Kader posyandu Kota Tangsel yang jumlahnya mencapai 5.000 anggota.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Muhammad Yanuar mengatakan, pihaknya juga sudah memberikan peringatan dan teguran kepada pihak rumah sakit yang menyediakan vaksin palsu.
“Jangan sampai jadi banyak yang dirugikan karena hal seperti ini. Ini masalah kesehatan anak-anak, ” katanya.

Sebelumnya, Yanuar juga mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta pihak rumah sakit untuk kembali mendata ulang anak-anak yang pernah menjalani imunisasi di sana.

“Akan didata ulang, untuk nantinya diberikan vaksin ulang,” katanya.

Related posts

Leave a Comment