Agung : Dana Desa Harus Di Gunakan Sebaik Mungkin*

globalaktual.com, Batang – Realisasi program dana desa (DD) memasuki tahun kelima di 2019 ini. Idealnya, pemerintah desa sudah tidak lagi berkutat pada hambatan administrasi, tetapi justru sudah berpikir kreatif dan visioner bagi arah kemanfaatan DD ke depan.

“Ya ini masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama, baik pemerintah pusat, daerah, maupun desa sendiri. Mestinya, karena ini tahun kelima, pelaksanaan dana desa sudah on the track, sehingga kreativitas dan inovasi kian mendapatkan ruang yang memadai,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang, Dr Agung Wisnu Barata MM.

Namun demikian, Agung juga memahami kesulitan desa yang masih berkutat pada hal ihwal administrasi, dari mulai persyaratan pencairan sampai peng-SPJ-an. Terlebih, regulasi di tingkat pusat sendiri belum menemukan formula yang ajeg dan stabil. Misal soal termin pencairan yang sempat berubah-ubah.

“Jangan salah, perubahan regulasi teknis sekecil apapun akan dirasakan dampaknya bagi daerah maupun terutama pemerintah desa. Harapan kami, di tingkat pusat juga clear dulu, ada formula baku terbaik, sehingga desa tak lagi harus terus menerus melakukan penyesuaian. Di sisi lain, pemerintah desa juga dituntut terus belajar dan mengupayakan percepatan, sehingga manfaat dana desa nantinya benar-benar optimal,” jelas Agung. (Hen)

Related posts

Leave a Comment