Bupati Batang Dampingi Sekda Jateng Tinjau Rest Area Tol Di Km 360 Batang*

globalaktual.com, BATANG – Meski sudah beroperasi, pembangunan rest area Tol Trans Jawa di ruas di Kabupaten Batang belum rampung 100 persen. Oleh karenanya, pemkab Batang turut mengambil langkah untuk menindaklanjuti inspeksi rest area yang dilakukan beberapa waktu lalu. Terlebih rencananya rest area akan mulai difungsikan H-10 lebaran.

Bergerak cepat, Pemkab Batang pun menggelar rapat persiapan Jalan Tol bersama stakeholder pemangku pengelola jalan tol, di ruang Dahlia Setda Batang.

Setelah rapat instansi terkait seperti Dishub, Dinkes dan lainnya juga kembali meninjau kondisi rest area mendampingi tinjauan dari Sekda Provinsi Jateng. 

“Rest area H-10 siap fungsional dan untuk posko kesehatan di rest area Candiareng Kecamatan Warungasem, Rest Area Gondang Kecamatan Subah, dan Rest Arra Plelen Kecamatan Gringsing semuanya minta dukungan dari Dinas Kesehatan Pemkab Batang, dengan tiga shft yang masing- masing tiga orang,” ujar Sekertaris Daetah Kabupaten Batang, Nasikhin.

Rest area di tiga titik tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas air dan listrik. Jika nanti ada permintaan kebutuhan air, pihak rest area juga sudah siap bekerjasama dengan PDAM Batang. Rest area juga telah menyediakan space khusus untuk UMKM di Batang untuk menjajakan usaha mereka. Hanya saja, memang ada biaya yang telah dipatok pengelola rest area.

Pihak pengelola pun melarang adanya pedagang asongan yang masuk rest area karena akan menggangu parkir pemudik dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Jadi yang diperbolehkan berdagang di sana adalah pelaku UMKM yang sudah menyewa tempat di sana. Sehingga nanti dalam penempatannya lebih tertata dan tidak menganggu pemudik yang singgah di rest area,” imbuhnya.

Dari hasil monitoring di ruas jalan tol Batang-Semarang, menurut Sekda banyak yang bergelombang. Oleh karenanya, diharapkan pengelola jalan tol memberikan tanda kepada pengendara agar tidak menaikkan kecepatan kendaraan.

“Saya minta harus ada rambu penanda atau tulisan beberapa meter lagi jalan bergelombang karena bahaya dan bisa terjadi kecelakaan, inspeksi jalan tol juga harus setiap saat dilakukan karena beberapa waktu yang lalu ada pengguna jalan tol ban mobil gembes sampai dua jam tidak ada yang menolong,” pungkasnya. (Hen)

Related posts

Leave a Comment