Dinhub Kota Pekalongan Tempel Stiker Bus Sudah Memenuhi Persyaratan Teknis

globalaktual.com, Kota Pekalongan – Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Sub Denpom dan Terminal Tipe A Kota Pekalongan, menggelar ramp check terhadap angkutan Lebaran yang ada di Terminal Tipe A Kota Pekalongan.

Dari hasil ramp check, lima bus dinyatakan tidak laik jalan.

Dua bus dinyatakan tak lain jalan karena tidak memenuhi kelengkapan surat, sedangkan tiga bus lainnya karena kaca depan retak, ban cadangan gundul, serta lampu dan rem tangan mati. Karena tak lain jalan, kelima bus tersebut kemudian tidak ditempel stiker ‘Angkutan Lebaran Tahun 2019’ dan diminta untuk memperbaiki kekurangan.

Plt Kasi Dalops Dinhub Kota Pekalongan, Syaefudin menerangkan, kegiatan ramp check kali ini merupakan yang pertama. Ramp check dilakukan terhadap seluruh angkutan Lebaran mulai dari AKAP, AKDP hingga angkutan kota. “Hasil cek hari pertama lima bus dinyatakan tidak laik jalan dan diminta memperbaiki kekurangannya,” tutur Syaefudin.

Terhadap dua bus yang surat-suratnya tidak lengkap, pihaknya juga melakukan penilangan. “Untuk sementara angkutan ini tidak kami pasang stiker. Mereka harus memperbaiki dulu baru setelah itu kami akan lakukan cek kembali dan jika dinyatakan memenuhi persyaratan teknis akan kami pasang stiker ini,” tambahnya.

Dalam ramp check, ada beberapa poin yang diperiksa seperti kondisi alur ban, kondisi gas, rem, hingga kondisi lampu. Pengecekan akan terus dilakukan oleh tim gabungan mulai H-15 hingga H-10 Lebaran.

Sementara itu, Tim Penguji dari Dinhub, Hari Setiawan menambahkan, lima bus yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan teknis dikarenakan surat yang tidak lengkap, kaca retak, ban cadangan gundul, lampu vulkanisir dan rem tangan mati. “Lima bus itu sementara tidak ditempel stiker dan diminta melakukan perbaikan,” jelasnya.

Hari Setiawan menambahkan, ramp check dan pemasangan stiker angkutan lebaran akan rutin dilakukan setiap hari mulai H-15 hingga H-10 lebaran nanti. Dia mengatakan, bus-bus yang telah dinyatakan tak laik jalan namun telah melakukan perbaikan, maka akan ditempeli stiker angkutan Lebaran saat kembali masuk ke Terminal Tipe A Pekalongan.(Hen)

Related posts

Leave a Comment