Bupati Pekalongan akan Bangun Laboratorium Kebangsaan

globalaktual.com,KAJEN – Kabupaten Pekalongan sedang gencar-gencarnya dalam pembangunan, salah satunya dalam hal pendidikan. Sekarang sudah banyak bermunculan perguruan tinggi di kabupaten pekalongan baik negeri maupun swasta. Tujuannya agar indeks SDM di kabupaten pekalongan meningkat dan bisa menjadikan masyarakat lebih sejahtera.

Bupati pekalongan bersama dengan dosen dan mahasiswa kampus undip kabupaten pekalongan menggelar acara buka bersama di cafe Wars coffee & resto di daerah kajen dengan tujuan untuk menyegerakan pembangunan laboratorium kebangsaan yang merupakan satu-satunya di indonesia, rabu (22/5/2019).

laboratorium itu nantinya akan memberikan kegiatan-kegiatan bersifat memupuk rasa nasionalisme, patriotisme, cita tanah air, cinta NKRI serta nilai-nilai pancasila yang akan ditanamkan pada generasi milenial.

“Kita menyasar kepada generasi milenial atau generasi penerus agar bisa memahami ideologi berbangsa dan bernegara. Nantinya akan kita tanamkan mulai sejak dini sejak SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi juga pondok pesantren,” terang bupati.

Selain bersifat rasa nasionalisme, laboratorium itu nantinya akan menjadi tempat untuk pembelajaran kurikulum tentang NKRI, UUD 1945, pancasila. Sehingga pilar-pilar kebangsaan bisa diajarkan secara masif kepada generasi milenial dan masyarakat.

“Sebenarnya masyarakat kita memang sudah pancasilais, tetapi dengan adanya laboratorium kebangsaan ini diharapkan agar lebih ditambah lagi rasa nasionalismenya, kegotongroyongannya. Aspek secara formalnya dijadikan sebagai tempat pembelajaran,” jelas bupati asip.

Bupati pekalongan sendiri juga merupakan dosen mata kuliah pancasila di program studi diluar kampus utama (PSDKU) undip di kabupaten pekalongan. jadi, pembangunan laboratorium kebangsaan sendiri merupakan hal yang penting dan akan segera direalisasikan serta akan diluncurkan di tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, dr Lilin Budiati, dosen undip menyebutkan bahwa inisiasi bupati pekalongan merupakan sesuatu yang menarik karena akan menjadi satu-satunya di indonesia.

“Ini merupakan tekad kami untuk memperkokoh nilai kebangsaan di masyarakat dan mempertahankannya melaluli gerakan dari generasi milenial. Di laboratorium nanti kita akan merubah mindset atau pola pikir generasi milenial yang selama ini hanya mengeluh dan bilang capek, dengan semangat pancasila kita mendorong pembangunan di daerah untuk memajukan potensi yang ada seperti UMKM dan lainnya,” ucap lilin.

Laboratorium kebangsaan sendiri merupakan entri point bagi kebijakan strategis di indonesia dan dasaranya adalah untuk mewujudkan indonesia yang maju yang dimulai dari kota santri pekalongan.(GA Tim)

Related posts

Leave a Comment