BNN Kabupaten Batang Mengecek Sample Urine Puluhan Sopir Angkutan

globalaktual.com, BATANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang melakukan tes urine kepada puluhan sopir angkutan lebaran di sejumlah titik Kabupaten Batang.

Kepala BNN Kabupaten Batang, AKBP Drs Windarto SSt MK mengatakan, kegiatan ramcek dan tes urine kepada para pengemudi dan crew bus dilaksanakan dalam rangka Cipta Kondisi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Selain itu, kata Windarto, kegiatan dimaksudkan untuk mengecek kelayakan kendaraan sekaligus cek kesehatan para pengemudi, supaya bersih dari penyalahgunaan narkoba. Serta, juga untuk melakukan deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika pada pengemudi dan crew bus.

Pemeriksaan yang dilakukan pihaknya antara lain dengan mengambil sampel urine, dan pemeriksaan kesehatan tekanan darah. Pemeriksaan tes urine sendiri menggunakan alat test kit narkoba enam parameter (MET, AMP, COC, MOP, THC, dan BZO).

“Pada kegiatan pertama, kita bersama Dishub mengunjungi empat rumah makan, antara lain RM Sendang Wungu, RM Raos Eco, RM Kendil Mas, dan RM Jaya Giri. Dari keempat RM tersebut, pihaknya memeriksa 48 pengemudi dan crew bus dengan hasil negative penggunaan narkoba,” terangnya.

Kegiatan serupa kembali dilanjutkan bersama Dishub dengan melakukan Ramcek sekaligus cek kesehatan dan tes urine kepada pengemudi serta awak angkutan umum di terminal Limpung. “Dari total 27 orang yang di tes urine didapatkan hasil semuanya negatif atau tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan Narkoba,” pungkasnya. (Hen)

Related posts

Leave a Comment