Ketua LAZISNU Beri Bantuan Kepada Anak Yatim, di Halaman Gedung Aswaja

globalaktual.com, KOTA PEKALONGAN – Tidak hanya menyalurkan santunan kepada anak yatim, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Pekalongan juga memberikan bantuan kepada kaum disabilitas, khususnya penyandang Tunanetra. Itu terungkap dalam acara LAZISNU Berbagi di Halaman Gedung Aswaja, kemarin.

Ketua LAZISNU, Abdul Basir SH mengatakan, jumlah anak yatim yang mendapat santunan sebanyak 26 orang, sedangkan kaum disabilitas ada 60 orang. “Program santunan kepada yatim piatu di kawasan rob dan tuna netra bekerjasama dengan Rabithah Alawiyah Kota Pekalongan, KSPPS SMNU, Kopena, BMT Minnalana, dan BMT Annaba,” ucapnya.

Dikatakan mantan Ketua KPU Kota Pekalongan tiga periode ini, selain penyaluran kepada penyandang disabilitas tuna netra, LAZISNU Kota Pekalongan juga telah menyalurkan beasiswa kepada pelajar di lingkungan LP Maa’arif NU pada moment Peringatan Harlah Ke-96 NU.

“Beberapa langkah LAZISNU Kota Pekalongan sejak kami dilantik dan mendapat SK resmi dari kementrian Agama pemberian beasiswa pelajar, pembentukan Unit Pengumpul Zakat Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU), dan pemberian santunan penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, KH Kasiman Mahmud Desky memberikan apresiasi atas langkah LAZISNU memberikan santunan kepada tuna netra dan anak yatim di kawasan rob Pekalongan Utara.

“Ini langkah yang tepat dan strategis LAZSINU. Pasalnya, akhir-akhir ini di kawasan Pekalongan Utara terus dilanda rob akibat air laut sedang pasang, sehingga mayoritas kelurahan di Pekalonan Utara terkena rob yang cukup parah,” ujarnya.

Dikatakan, LAZISNU mempunyai tugas berat untuk menerima dan menyalurkan dana infaq, infaq, dan sedekah dari para aghniya’dan muzakki kepada pihak yang berhak.

“Karena cukup banyaknya para pihak yang harus disantuni, LAZISNU harus melakukan inovasi program yang bisa mengangkat harkat dan martabat yang disantuni,” beber Kasiman yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Pekalongan ini.

Kasiman juga meminta kepada LAZISNU di samping melakukan penggalangan dana melalui program Kotak Infaq (Koin) NU di ranting-ranting, juga melakukan pendekatan kerja sama ke instansi-istansi pemerintah, swasta, dan perusahaan-perusahan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga LAZISNU bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat yang membutuhkan.

Tampak hadir dalam acara penyerahan santunan, Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom, Ketua Pengurus Cabang Rabithah Alawiyah Kota Pekalongan, perwakilan Koperasi Pemuda Buana (Kopena), perwakilan BMT Minnalana Kota Pekalongan, perwakilan BMT Annaba’ dan ratusan tamu undangan lainnya. (Hen)

Related posts

Leave a Comment