Operasi Ketupat Candi 2019 Mulai Di Canangkan

BY HENDRI ON MEI 30, 2019

globalaktual.com, Kota Pekalongan – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2019 Sinergi Polri dan Instansi Terkait dilangsungkan di Halaman Polres Pekalongan Kota.

Operasi pengamanan ini sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan lebaran 2019. Dimulainya Operasi Ketupat Candi 2019 ini ditandai dengan penyematan pita oleh Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu bersama Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto kepada perwakilan masing-masing petugas.

Turut hadir, Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE untuk memastikan kesiapan Opersai Ketupat Candi. Usai apel dilakukan pengecekan sejumlah kendaraan yang akan disiapkan di setiap pos pengamanan. Ini untuk menunjukkan kesiapan kepada publik, agar publik merasa aman dan nyaman saat mudik melalui Kota Pekalongan.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu mengungkapkan, Polres Pekalongan Kota menerjunkan 430 personil. Tentu akan dibantu dari jajaran TNI, ASN, PMI, dan organisasi masyarakat lainnya. “Kami sudah siapkan lima pos pengamanan, dan setelah apel ini para personil akan bergeser ke Pos Pengamanan Lebaran yang sudah ditentukan,” ungkap Ferry.

Mengenai kesiapan pengamanan arus lalu lintas, Polres Pekalongan Kota menyiapkan dua rest area yang terletak di Terminal Kota Pekalongan dan Markas Mako Brimob dengan fasilitas tempat istirahat dan kesehatan. “Untuk arus mudik dan balik ini keseluruhan jalan tol digunakan dipakai dari arah Jakarta menuju Jawa, sedangkan dari Jawa ke arah Jakarta menggunakan Jalur Pantura. Sementara untuk angkutan berat H-4 hingga H+4 dilarang melintas kecuali kendaraan berat yang memuat bahan bahan pokok,” terang Ferry.

Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto menambahkan, pihaknya juga menyiapkan 300 personil yang ditempatkan di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Selain itu, juga menyiapkan tiga rest area di markas koramil sepanjang Jalur Pantura Pekalongan.

“Kami juga akan tetap memantau situasi karena saat ini masih dalam proses pemilu. Tetap kami siagakan 30 anggota yang standby di markas untuk mengawasi situasi. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengutamakan keselamatan saat perjalanan, manfaatkan rest area apabila mengalami kelelahan,” tambah Arfan. (GA.Tim)

Related posts

Leave a Comment