Pantau Arus Mudik, ATCS Dikendalikan 24 Jam

BY HENDRI ON MEI 29, 2019

globalaktual.com, Kota Pekalongan – Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan memiliki Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS) sebagai sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi di Kota Pekalongan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H ini ATCS bakal dikendalikan secara penuh atau 24 jam dengan penambahan shift.

Ruang Pusat Kendali ATCS yang berada di Terminal Kota Pekalongan ini memantau 15 simpangan yakni 14 simpangan dengan traffic light dan satu simpangan tanpa traffic light dengan 34 kamera. Hal ini disampaikan Operator ATCS Dinhub Kota Pekalongan, Rossi Yudi S.

“Untuk pantauan ATCS ini kami dapat menarik lampu hijau dan memperlambat, kami tarik sesuai kebutuhan antara arus lokal dan arus pantura yang lebih panjang ditarik. Ini untuk menghindari kemacetan dan kepadatan jalan,” ungkap Rossi.

Disampaikan Rossi bahwa ketika hari-hari besar seperti jelang lebaran, tahun baru, dan sebagainya penambahan shift dan jam dilakukan. Pantauan dilakukan selama 24 jam yang semula dua shift menjadi tiga shift. “Dari pantauan hari ini jalur pantura di Kota Pekalongan didominasi oleh truk muatan barang. Dimungkinkan kepadatan arus mudik seperti tahun kemaren yakni puncaknya H-3 lebaran,” tutur Rossi.

Kendali ATCS ini untuk Jalur Pantura mulai dari Simpangan Tirto sampai dengan Simpangan Terminal Kota Pekalongan. Pelanggaran yang terjadi biasanya pengendara tidak memakai helm, menerobos lampu merah, dan melewati garis marka jalan. “Apabila terjadi pelanggaran kami imbau melalui suara menggunakan toa di masing-masing simpangan. Kami peringatkan dan beri imbauan, serta menscreensot untuk ditindak kepolisisan jika sudah bekerja sama,” terang Rossi.

Menghadapi jalur di Kota Pekalongan yang dipastikan padat ini, Rossi mengimbau para pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, selalu jaga jarak aman, dan utamakan keselamatan. (GA.Tim)

Related posts

Leave a Comment