Ada Buaya di Sungai, Warga Diminta Hati – Hati

Pekalongan 12 Juli, 2019.

Kota Pekalongan, globalaktual.com – Kemunculan beberapa ekor buaya muara di Sungai Kuripan, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan dalam beberapa hari terakhir, telah menimbulkan keresahan masyarakat setempat. Dikhawatirkan, ada yang masyarakat yang menjadi korban gigitan buaya liar tersebut apabila melakukan aktivitas di sekitar sungai.

IMBAUAN – Kapolsek Pekalongan Selatan bersama BKSDA, Camat Pekalongan Selatan, Babinsa setempat, dan instansi terkait memasang spanduk imbauan hati-hati ada buaya di sekitar Sungai Kuripan, kemarin (11/7).

Menanggapi hal itu, Polsek Pekalongan Selatan bersama pihak terkait, antara lain Balai Konservasi Sumber Daya Air (BKSDA) Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili Kepala Konservasi Seksi Wilayah II Pemalang, Camat Pekalongan Selatan, Satpol PP, BPBD, Babinsa, dan tokoh masyarakat setempat mengambil langkah antisipasi.

Mereka memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemunculan buaya, serta memasang sedikitnya lima spanduk maupun banner di sejumlah lokasi sekitar Sungai Kuripan, Kamis (11/7) siang.

Spanduk itu bertuliskan “Hati-Hati Ada Buaya”, disertai beberapa kalimat imbauan. Diantara tulisannya yakni “Selalu waspada apabila melakukan aktivitas di sekitar sungai. Buaya sangat agresif dan aktif saat fajar hingga malam hari”, serta imbauan untuk tidak membuang sampah di sepanjang sungai, terlebih bangkai hewan yang dapat menjadi pakan buaya.

Dituliskan pula imbauan kepada masyarakat, jiika mendapati kemunculan buaya, diminta segera mehubungi Polsek Pekalongan Selatan maupun Call Center BKSDA Jateng di nomor 08157695494.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol I Ketut Lanus, tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya korban dimakan atau dimangsa buaya liar.

“Diimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada apabila melakukan aktivitas di sekitar sungai. Apabila ada warga yang melihat kemunculan buaya, segera melaporkan ke kami,” imbuh Kapolsek.(eka)

Related posts

Leave a Comment