TMMD Akan Perbaiki Jalan Sirukun-Mendolo

Pekalongan 13 juli 2019

Kajen,globalaktual.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Kodim 0710 Pekalongan di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan resmi dibuka Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Kegiatan yang berlangsung selama 30 hari ini diharapkan dapat mendorong kemajuan dan kesejahteraan ekonomi warga setempat.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengungkapkan kegiatan TMMD ini membuktikan adanya keselarasan antara program pemerintah daerah dengan program TNI. Utamanya dalam pencapaian pembangunan di Kabupaten Pekalongan.

“Selain sasaran fisik, sasaran non fisik juga dilakukan dan TMMD ini harus kita sukseskan bersama, agar dapat terlaksana dengan baik mari kita bersama-sama gotong royong,” kata Bupati Asip usai melihat lokasi TMMD, Kamis, (11/7/19).

Bupati berharap pelaksanaan TMMD kali ini bisa menjadi edukasi kebencanaan kepada masyarakat.

Selain itu, selama sebulan ke depan diharapkan bisa menjadi kesempatan untuk mengembangkan potensi desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Melalui TMMD, berikan edukasi kebencanaan kepada warga desa, agar mereka sadar dan tanggap bencana.

Ini penting, apalagi kita hidup dalam kawasan rawan bencana,” ungkapnya.

Asip mengungkapkan prajurit TNI, dalam setiap kali pelaksanaan TMMD, intens mengedukasi masyarakat tentang Pancasila.

Dengan begitu, semangat dari desa bisa memperkuat benteng perlindungan dan perlawanan terhadap aksi-aksi yang mengancam NKRI semisal terorisme, radikalisme, dan sebagainya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto menjelaskan berbagai kegiatan fisik dan non fisik akan dikerjakan prajurit Kodim 0710 bersama masyarakat.

“Untuk sasaran fisik yaitu pengaspalan jalan dengan panjang 1.727 meter dan lebar 2,5 meter.

Sedangkan untuk non fisik berupa penyuluhan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan UU lalulintas dan narkoba, penyuluhan kerukunan antar umat beragama dan bahaya radikalisme, kesehatan lingkungan, penanggulangan bencana daerah, penyuluhan KB dan pemutaran Film perjuangan,” jelasnya.

Dandim menambahkan program TMMD ini wujud nyata TNI AD untuk membantu pemerintah dalam hal membangun infrastruktur desa yang belum sempat dikerjakan pemerintah desa.

“Dengan program ini, kami ingin rakyat lebih sejahtera dan mandiri,” tambahnya.

Saerah (52) warga Dusun Wonomulyo, Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar mengatakan bahwa ia sangat senang sekali akses jalan desa di perbaiki.

“Ahamdulillah mas jalanya di perbaiki. Sebelumnya, kondisi jalan hanya setapak dan ini akan bangun oleh bapak-bapak TNI. Terimakasih bapak-bapak TNI,” ungkapnya.

Menurutnya, jalan ini menghubungkan ke Desa Mendolo, lalu tembus ke Desa Lebakbarang dan Kalibening.

“Semoga adanya jalan yang dibangun, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” imbuhnya.(eka)

Related posts

Leave a Comment