Dua Ormas Pencinta Pancasila Tawuran di Ciamis

CIAMIS, globalaktual.com – Dua Ormas yang sama-sama pencinta Pancasila tawuran, pada Rabu (26/05) sekitar pukul 24.00 WIB di Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kejadian tersebut buntut kesalahpahaman antara Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar dengan Ormas Gibas Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.

Awalnya, sewaktu ada hiburan pongdut di Dusun Sodong, Desa Tambaksari, Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, ada keributan antara pemuda Rancah dengan pemuda Tambaksari.

Kemudian, keributan tersebut dilerai oleh anggota PP Kecamatan Rancah, Feri M Firdaus dan Dede Nandang Sudarman. Namun, malah ada pemukulan kepada Feri M Firdaus dan Dede Nandang Sudarman. Sehingga, itu menyebabkan Dede Nandang Sudarman menglami luka- luka pada bagian muka dan Feri M Firdaus mengalami luka di bagian kepala belakang.

Kemudian, kejadian tersebut membuat Ormas PP Kecamatan Purwaharja merusak Kantor atau Sekre Gibas Kecamatan Rancah, sehingga mengalami rusak ringan. Bahkan, sekitar 5 buah motor yang sedang parkir di halaman Serkre Gibas juga roboh.

Selanjutnya, kejadian tersebut sempat ada mediasi di Mako Polsek Rancah. Namun, itu tidak menemukan titik terang. Maka, rencananya akan berlanjut ke Polres Ciamis.

Lalu pada Kamis (27/05) siang, ada tawuran yang semakin meluas antara dua Ormas tersebut. Tawuran tersebut ada yang saling rusak mobil, motor, hingga saling rusak kantor sekretariat yang ada di berbagai titik wilayah Kabupaten Ciamis.

Meskipun Ketua PP dan Gibas Ciamis telah mengintruksikan agar meredam diri, tetapi mereka tetap saja melakukan aksi tawuran.

Ketua MPC PP Kabupaten Ciamis, H Dani Hendra yang telah memerintahkan kepada anggota PP Kabupaten Ciamis untuk menahan diri. “Jadi, intinya, tidak boleh melakukan tindakan apapun, tanpa perintah dari saya,” tuturnya.

Kemudian, Ketua Gibas Resort Kabupaten Ciamis, H Agus memerintahkan juga kepada seluruh anggota Gibas di Kabupaten Ciamis untuk menahan diri.

“Jadi, jangan sampai melakukan aksi apapun, tanpa perintah dari saya,” paparnya.

Kapolres Ciamis, AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si menyampaikan kepada wartawan tentang kondisi sekarang yang sudah mereda, bahkan, pihaknya juga telah mengajak Ketua PP dan Gibas Ciamis untuk bersama-sama meredam massa yang berada di beberapa tempat.

“Maka, kita kejar tempat yang bergejolak, lalu kita akan amankan,” ucapnya.

Kapolres juga menyampaikan, pemicunya dari tawuran tersebut adalah bermula dari adanya keributan di Kecamatan Rancah saat acara hajatan. “Jadi, intinya, baru seperti itu saja,” tuntas Kapolres. (Tim)

admin

Situs Berita Teraktual

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *