• Sen. Jul 8th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Bawaslu Rapat Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024 dan Proyeksi Pengawasan Jelang Pilkada Pangandaran

Pangandaran, globalaktual.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran mengadakan rapat evaluasi pengawasan pemilu 2024 dan proyeksi pengawasan menjelang pilkada 2024 di Aula Hotel Krisna Pangandaran, Jumat (07/06/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan menjelaskan, bahwa evaluasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada pemilu sebelumnya, dengan tujuan agar dapat diperbaiki dan tidak terulang lagi pada Pemilihan Kepala Daerah 2024.

“Kita pahami bersama bahwa pada Pemilu sebelumnya ada beberapa persoalan yang menjadi referensi kita untuk kemudian menjadi bahan evaluasi, agar persoalan itu tidak terjadi lagi di Pilkada serentak 2024,” ungkap Iwan Yudiawan.

Untuk mengantisipasi terjadinya persoalan tersebut, Iwan Yudiawan sangat berharap kepada seluruh Panwascam dan Pengawas Desa untuk lebih optimal dalam mengawasi semua tahapan pemilu serta regulasinya.

“Tugas kita adalah mengawasi semua tahapan. Memastikan apakah semua tahapan sudah sesuai dengan regulasinya atau tidak,” katanya.

Menurutnya, evaluasi pengawasan ini penting dilakukan, apakah sudah sesuai dengan apa yang tertera dalam kerja sama atau belum.

Di samping itu, evaluasi pengawasan ini juga sebagai persiapan dalam menghadapi Pilkada Pangandaran 2024.

“Karena, ada beberapa potensi di antaranya potensi politisasi birokrasi yang menjadi titik fokus pengawasan kami,” ucap Iwan.

Pihaknya pun berharap, rapat evaluasi dan proyeksi menjelang Pilkada ini bisa berujung saling menjaga terutama di kalangan SKPD di Kabupaten Pangandaran.

“Agar bagaimana politisasi birokrasi itu tidak terjadi. Kami juga menjadi salah satu proyeksi di Pilkada tahun 2024 ini untuk bagaimana Pilkada ini bisa diciptakan dengan iklim yang sejuk,” ujarnya.

Hadir pada rapat evaluasi tersebut, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), unsur TNI-Polri dan pejabat yang ada di 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran.

Sebagai narasumber pertama, Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama, S.H., S.I.K., M.H mengingatkan kepada semua penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menjaga netralitas.

Narasumber kedua, Dandim 0625/Pangandaran Letkol Inf Indra Mardianto Subroto menekankan pentingnya sinergi antara TNI dengan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses Pilkada, Kodim 0625 berkomitmen untuk mendukung penuh upaya pengamanan Pilkada Pangandaran 2024. (Hrs)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *