KPU Pangandaran Beri Pendidikan Pemilih kepada Organisasi Kemasyarakatan

Pangandaran, globalaktual.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih kepada organisasi kemasyarakatan, Jum’at (18/10/2024) bertempat di RM Baralak Cikembulan Pangandaran.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin mengatakan, organisasi kemasyarakatan dalam pilkada mempunyai peran sangat strategis, di mana organisasi merupakan tempat perkumpulan orang-orang, tempat berserikat, tempat berkumpulnya masyarakat dari berbagai ideologi ataupun profesi tertentu.

“Ada organisasi profesi, ada organisasi kemasyarakatan nasional, organisasi kemasyarakatan keagamaan, mereka kita ajak untuk diberikan edukasi tentang tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, pemilihan bupati dan wakil bupati Pangandaran,” kata Muhtadin.

Target utamanya menurut Muhtadin agar organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Pangandaran mendapatkan dan terinformasikan pelaksanaan serta tahapan, kemudian mereka memiliki standing point yang sama, setidaknya pada saat diberikan edukasi oleh KPU informasi tentang pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Pangandaran.

“Kemudian mereka memberikan informasi juga kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pangandaran, setidaknya para basis anggota ormasnya, anggota organisasi profesinya, sejauh ini sangat penting kita posisikan, maksudnya organisasi kemasyarakatan kita posisikan sama juga dengan profesi-profesi lain.

Ditambahkan Muhtadin, bagaimana mereka ikut bersama-sama menjaga kondusifitas, menjaga ketertiban, menjaga dinamika politik demokrasi di Pangandaran.

“Saya berharap, Pilkada di Pangandaran kondusif dan iklim demokrasi yang menyejukkan, inikan penting, masyarakat melalui simpul-simpul masanya yaitu organisasi kemasyarakatan, kita ajak lebih dulu ormasnya untuk sama-sama ketika ada potensi konflik, sama-sama menjaga diri,”ujarnya.

Sebagai agen informasi, sebagai sarana informasi dan edukasi pemilik kepada masyarakat secara keseluruhan, karena organisasi masyarakat kan organisasi yang ada di masyarakat mereka punya hubungan langsung, punya ikatan langsung dengan seluruh kelompok masyarakat, maka penting ormas ini kami posisikan dalam rangka bersama-sama untuk memberikan informasi sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

“Jadi seluruh kelompok masyarakat harus kita temui dalam rangka menyamakan persepsi, kita jelaskan tentang Pilkada itu begini tujuannya, jadi mereka memiliki kesadaran konstitusional atas dasar sebuah pemahaman jangan masyarakat datang ke TPS itu karena ditekan oleh kelompok tertentu, tapi sebuah kesadaran konstitusional,”tegas Muhtadin.

Mudah-mudahan dengan kita bekerja sama melakukan pendidikan edukasi kepada kelompok organisasi kemasyarakatan, masyarakat memiliki pemahaman yang sama terhadap pendidikan politik, masyarakat itu sadar milih datang ke TPS kalau pada dimensi kuantitatif bisa saja mobilisasi massa oleh paslon misalkan.

“Yang kita harapkan adalah masyarakat datang ke TPS berasal dari sebuah kesadaran konstitusional bahwa datang ke TPS adalah sedang berkeputusan untuk masa depannya dan masa depan kita semua,” pungkas Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin.  (Hrs)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *