Aktual

PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DAN MOMENTUM SPIRIT DEMOKRASI PANCASILA

Pangandaran, globalaktual.com – Hari kesaktian pancasila selalu diperingati setiap tanggal 1 juni.

Dalam hal ini ketua KPU kabupaten pangandaran MUHTADIN, S.HI mahasiswa Magister Ilmu Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung menuturkan, bahwa Pancasila adalah nilai dasar mengatur pemerintahan negara dan dasar untuk mengatur penyelenggaran negara.

Ada lima prinsip philosofiche grodslag bagi indonesia yaitu :
1 ketuhanan yang maha esa
2 kemanusiaan yang adil dan beradab
3 persatuan indonesia
4 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5 keadilan bagi seluruh rakyat indonesia

Dari aspek sejarah, Pancasila sebagai dasar negara pertama tama yang diusulkan oleh Ir. Sukarno pada sidang penyelidikan usaha usaha persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 juni 1945 yaitu pada waktu pembahasan perumusan Pancasila.

Masih kata ketua KPU Pangandaran, sejak saat itu pula Pancasila digunakan sebagai nama dari dasar falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Selanjutnya meskipun pada saat itu  terdapat beberapa  tata urut dan rumusan yang berbeda. Kemudian ditetapkan pada tanggal 18 agustus 1945 bersama sama dengan UUD 1945. Serangkaian sejarah itulah pemerintah menetapkan 1 juni  sebagai hari bersejarah yaitu hari lahirnya pancasila.

Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi dasar dan pedoman, bahwa setiap setiap tindakan rakyat  dan negara Indonesia.
Secara historis, nilai – nilai Pancasila diambil dari budaya bangsa Indonesia sendiri. Sehingga mempunyai fungsi dan pedoman yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat dan masih panjang kalau kita menjabarkan.

“Intinya kita sebagai generasi penerus harus bisa berguna bagi bangsa dan negara yang bermanfaat,” kata Ketua KPU Pangandaran.   (Yaya)
.

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *