Dua Perahu Nelayan Hancur Tertimpa Pohon di Pantai Batukaras

Pangandaran, globalaktual.com – Dua perahu nelayan hancur tertimpa  pohon besar. Kejadian berlangsung Sabtu (22/5/2021) pada pukul 22.00 WIB di Pantai Batukaras Dusun Batukaras RT 09 RW 05 Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang,Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran Nana Suryana membenarkan adanya kejadian bencana  pohon tumbang.  Berdasarkan laporan masyarakat, pohon tumbang pada pukul 22.00 WIB lokasi di Pantai Batukaras .

“Laporan tersebut kami tindak lanjuti pagi hari ke lokasi, ternyata benar pohon ukuran besar tersebut roboh. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja pohon tersebut merusak dua perahu,” ujarnya.

Nana menyampaikan setelah itu pihaknya langsung tim melakukan evakuasi pohon tumbang dengan gergaji mesin.   Evakuasi itu bersama tim gabungan dari Tagana, Pemdes Batukaras, BPBD, Jaga Lembur, Polsek Cjulang, FKDM Desa Cijulang , SAR RN dan masyarakat.

“Berkat gotong-royong evakuasi pohon tumbang tersebut bisa cepat selesai,” ucapnya.

Penjelasan Nana mengenai ambruknya pohon besar itu pertama memang sudah tua dan lapuk.  Ditambah lagi banyak oknum warga yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran sampah tepat di bawah pohon tersebut.

“Secara otomatis  pohon tersebut lambat laun mati dan roboh,” ucapnya.

Nana menambahkan, dari dua perahu tersebut bisa dievakuasi setelah pohonnya di singkirkan.  “Namun perahu itu kondisinya rusak, sehingga perlu perbaikan,”imbuhnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga lingkungan, serta merawat pohon dengan baik. Karena pohon sebagai sumber oksigen dan supaya pantai teduh, bahkan penahan abrasi juga.

“Kalau pohon di ganggu, sebagai tempat lokasi membakar sampah lama-lama pohon mati, tentunya yang rugi kita. Contohnya sekarang kan menimpa perahu hingga hancur dan mengalami kerugian,” katanya.

Untuk itu Nana mengajak kepada semua masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dengan baik. Karena, kalau lingkungan bagus maka akan memberikan manpaat bagis semua.

“Jaga pohon dan sayangi karena sumber kehidupan dan resapan air juga. Tolong jaga dengan baik kelestarian pohon di pesisir pantai,” tuturnya. (Brow)

admin

Situs Berita Teraktual

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *