EXPO UMKM VIRTUAL, Labuan Bajo Tuan Rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021

globalaktual.com, LABUAN BAJO – NTT | Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) dihelat pada Jumat, 18 Juni 2021 pukul 08.00—11.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadirkan pameran ‘expo’ usaha mikro kecil menengah (UMKM) secara dalam jaringan ‘daring’ atau ‘online’ dan luar jaringan ‘luring’.

Mengusung tema “Kilau Digital Permata Flobamora”, (Flores, Sumba, Timor, Alor) peresmian Bangga Buatan Indonesia yang dihadiri langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), Menteri  Komunikasi dan Informatika, Johny G. Plate, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; dirangkai acara : Launching Virtual Expo Flobamora, Aplikasi JP Hub Pariwisata melalui penayangan video, Launching Desa Adat dari Bank Indonesia, Launching Aplikasi Pemanfaatan Toko Online BUMDES, dan UMKM lokal NTT melalui experience belanja melalui toko online.

GNBBI 2021 menetapkan Labuan Bajo sebagai tuan rumah, menurut rencana bakal dibuka secara virtual oleh Presiden Jokowi, namun batal dan akan digantikan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Selain itu, turut hadir secara virtual antara lain, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar; Menteri BUMN Erick Thohir, dan Direktur Utama Telkom Indonesia (mewakili Telkom Group).

Di tahun 2021 ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) terpilih sebagai penanggung jawab even, dan didukung oleh berbagai Kementerian Kemenko Maritim dan Investasi (Marves) Kemenparekraf, Kemendagri, Kementerian BUMN, Kemenkop UKM, Kementerian PUPR, Kementerian Desa PDTT,  Gubernur Bank Indonesia, Telkom Indonesia, Telkomsel, Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat.

Pantauan media pada Kamis siang, 17 Juni 2021, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja tampak menjemput Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan beberapa tamu penting lainnya di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo.

Saat memasuki areal bandara, berbagai booth Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) tampak memadati lantai 1 dan lantai 2 di antaranya mitra binaan Bank Indonesia usaha mikro kecil menengah (UMKM) NTT, dari kategori fashion, kuliner, kriya, pertanian, tenun ikat, kopi hingga produk-produk terbaik dan ciri khas Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pameran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 ini dihelat secara tatap muka dan virtual. Untuk katalog dan produk pameran Virtual Expo Flobamora bisa diakses (file PDF)

Acara ini pun akan disiarkan secara langsung melalui Metro TV, iNews dan Televisi Republik Indonesia (TVRI) serta live di aplikasi ZOOM juga melalui kanal Youtube Ditjen IKP Kominfo. (*)
(M.F)

admin

Situs Berita Teraktual

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *