Leuwi Budur Disulap Jadi Destinasi Wisata Desa Muktisari Cipaku Ciamis

CIAMIS, globalaktual.com – Pemerintah Desa Muktisari meresmikan perencanaan wisata di Leuwi Budur Sungai Cimuntur, Senin (20/12/2021). Peletakan batu pertama secara simbolis dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Dr H Wasdi Ijudin.

Menurut Wasdi, Leuwi Budur memenuhi syarat dijadikan destinasi wisata desa. Tapi sebaiknya dilengkapi fasilitas dan legalitas operasionalnya.

“Sungai Cimuntur berada dibawah binaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Karena itu, ijin pemanfaatan sungai untuk keperluan wisata harus ada rekomendasi dari BBWS Citanduy, ” ujar Wasdi.

Dikatakan Wasdi, pihaknya akan mendukung perencanaan wisata di Leuwi Budur selama semua mekanisme dipenuhi terlebih dahulu. Sejak awal harus dipikirkan faktor keselamatan pengunjung, sebab wisata di sungai mengandung resiko.

“Kecelakaan di sungai sering menjadi momok yang menakutkan. Pihak pengelolanya harus bisa memberikan rasa aman kepada pengunjung dari luar,” ujar Wasdi.

Kepala Desa Muktisari Ade Suci Permana menambahkan, tujuan pembukaan destinasi wisata desa di Leuwi Budur untuk membuka lapangan kerja dan menghidupkan ekonomi di sekitarnya. Dampak ekonomis dari wisata ini akan terasa bagi warga setempat.

“Kami akan tempuh semua prosedur dan menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung. Semua elemen masyarakat sekitar Leuwi Budur akan mendukung penuh, sehingga selangkah lagi Leuwi Budur akan menjadi destinasi alternatif, ” ujar Ade Suci. (Lis) **

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.