Untuk Mendapatkan Pendidikan Kesetaraan, Rina Herlina: PKBM Merupakan Pilihan Kedua Masyarakat Untuk Mendapatkan Pendidikan Kesetaraan

Pangandaran, globalaktual.com – Warga masyarakat yang belum mengikuti sekolah secara formal karena beberapa faktor baik keterbatasan ekonomi, waktu dan kesempatan yakni melalui program belajar paket A setara SD, paket B setara SMP, paket C setara SMA.

Direktur PKBM Brilliant Rina Herlina,S.Pd menuturkan Sistem pembelajaran yang dilakukan tidak sama dengan sekolah formal, namun kurikulum yang digunakan sama sehingga ijazah yang diterima oleh peserta didiknya disejajarkan dengan sekolah formal.

“Program belajar alternatif ini memberikan ruang yang cukup luas bagi peserta didik kartu belajar yang fleksibel, maksudnya jam belajar dapat ditentukan bersama – sama oleh pendidik dengan peserta didiknya,”ujarnya kepada media, Jumat (15/04/2022)

PKBM Brilliant menyelenggarakan kegiatan belajar 2 -3 hari seminggu dalam materi praktek sedangkan mapel teori secara Daring.

Hasil pendidikan sekolah Paket dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui penilaian penyetaraan oleh lembaga mengacu pada UU No 20/2003 Sisdiknas pasal 26 ayat (6).

“Pendidikan Kesetaraan salah satu jenis pendidikan nonformal yang berstruktur dan berjenjang memberikan kompetensi minimal bidang akademik dan lebih memiliki kompetensi kecakapan hidup agar lulusannya mampu hidup mandiri dan belajar sepanjang hayat, serta bertujuan untuk menyiapkan lulusannya memasuki dunia kerja,”paparnya

Selain itu, Pendidikan kesetaraan bukan sebagai alternatif tetapi menjadi pilihan bagi warga belajar, karena tidak hanya berasal dari mereka yang putus sekolah tetapi ada pendatang baru yang dari awal ingin belajar di PKBM biasanya berasal dari praktisi kesenian, artis, atlit dan pegiat kebudayaan.

“Pendidikan kesetaraan diselenggarakan berdasarkan prinsip kontekstual, fleksibilitas, fungsional, lintas jalur (multi entry multi exit), dan pembelajaran berbasis modul. Dengan pemaparan ini tidak ada alasan sekolah di PKBM juga bergengsi,”tandas Rina Herlina (Red)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.