Komisi IV DPRD Kabupaten Pangandaran Mendukung Masjid Agung Al-Istiqomah Menjadi Icon Pangandaran

Pangandaran, globalaktual.com – Masjid Agung Al-Istiqomah Pangandaran merupakan masjid terbesar dan termegah yang terletak di Kecamatan Pangandaran, tepatnya di Kelurahan Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Masjid Agung Al-Istiqomah didirikan pada tahun 1974[2] atas prakarsa Susi Pujiastuti di atas lahan tanah yang diwakafkan oleh ayah kandungnya.

Masjidnya Agung Al-Istiqomah terletak di pusat kota, dekat wisata pantai Pangandaran, di sekitar tugu Ikan Pangandaran

Masjid Agung Al-Istiqomah terdiri dari 2 lantai dan berkapasitas maksimal sekitar 600 orang dan memiliki 50 pengurus, 10 khatib, dan 10 imam.

Dalam penataan daerah kawasan wisata, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran berencana akan menata Mesjid Agung Al-Istiqomah.

Diketahui, Mesjid Agung Al-Istiqomah Pangandaran ini berada di wilayah Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, yang tepatnya berada di pintu masuk ke objek wisata Pangandaran.

Dan Mesjid Agung Al-Istiqomah yang berdekatan dengan rumah mantan menteri KKP ini merupakan Mesjid terbesar dan termegah di Kecamatan Pangandaran.

Komisi IV DPRD Kabupaten Pangandaran Mendukung Masjid Agung Al-Istiqomah Menjadi Icon Pangandaran

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, kedepan mesjid agung Agung Al-Istiqomah ini fungsinya ada dua.

Pertama, untuk pembinaan umat dan menjadi bagian dari wisata. Jadi, orang yang datang ke Mesjid itu menjadi nyaman ketika weekend Sabtu, Minggu. Kemudian, kata Ia, bisa terlihat juga dari sisi keindahan dan kebersihan Mesjid tersebut.

“Nanti, akan didesain seperti apa? ya, kita tunggu karena nanti ada dari perencanaan,” kata Jeje.

Untuk rencana pembangunan, pada bulan Desember tahun 2022 ini pihaknya sudah mempunyai Detail Engineering Design (DED).

Komisi IV DPRD Kabupaten Pangandaran Mendukung Masjid Agung Al-Istiqomah Menjadi Icon Pangandaran

Menanggapi rencana tersebut, Wakil ketua komisi IV DPRD Pangandaran, Sri Rahayu sangat mendukung, dan akan mendorong penuh penataan pembangunan  Mesjid agung AL Istiqomah.

“Karena memang betul, Mesjid agung ini berada di tengah kota, ketika pengunjung masuk, langsung kelihatan Mesjid agung itu.Kita, akan bersama mengembangkan Mesjid agung ini menjadi icon Pariwisata Pangandaran dan Kita juga sangat mendorong,” katanya saat Rapat koordinasi dengan DKM dan Pemda kabupaten Pangandaran di tourism information center (TIC) Pangandaran, Senin (11/4/2022) siang.

Ditambahkannya, dalam perumusan anggaran perubahan kabupaten Pangandaran tahun 2022, pihak DPRD akan menyetujui dan mendorong perencanaan Pemda kabupaten Pangandaran menata Mesjid Agung Al-Istiqomah dan menjadikannya aicon Pangandaran.  (HARIS-ADV)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.