Safari Koordinator Komunitas Pancasila Dasar NKRI Bukan Pilar

globalaktual.com – Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila merupakan kegiatan Nasional yang didasari oleh keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang hari lahir Pancasila.

Harlah Pancasila 2022 dirayakan dengan Upacara Kenegaraan yang dipimpin langsung oleh Presiden RI. Atas aspirasi dari masyarakat Ende dan atas persetujuan Presiden dipusatkan di kota Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Hal ini merupakan sejarah baru, karena selama ini Upacara tersebut dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jakarta,” ucap Dr. Ir. K. R. A. P. Eri Ratmanto dalam Rangkain Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Ende, NTT.

Komunitas Pancasila Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Bukan Pilar   (PDNKRIBP) yang dikoordinatori Dr. Ir. K. R. A. P. Eri Ratmanto atau lebih akrab dengan sapaan Kangjeng Eri dari Yogyakarta yang hadir mengikuti Harlah Pancasila bersama anggota komunitasnya dari Kamandaka, Lembang Imas Siti Aminah, Euis, Mei, Konstantinus Hati (Ruteng), Bung Sila (Maumere), Ompu Yosep dari Ende,NTT dengan semangat melaksanakan safari napak tilas perjuangan Bung Karno ketika di pengasingan Ende,NTT.

Langkah awal sejak tiba di Ende tgl 25/05/2022 langsung menuju ke Taman Renungan Bung Karno, Museum Tenun dan ke Pantai Koja Raja.

keesokan harinya ke danau Kelimutu didampingi Mento Dosen Universitas Flores, dan di tanggal 28/05/2022 mengikuti Parade Kebangsaan dan menuju rumah adat suku Ende,NTT.

Sedang acara pelantikan Gerakan Pembumian Pancasila dilaksanakan tanggal 30/05/2022 yang dihadiri  ketua DPD Jakarta dan dilanjut memberikan materi Pancasila Dasar NKRI Bukan Pilar di Kampus Universitas Flores Jln.Sam Ratulangi, Kampoeng Endé, East Nusa Tenggara 86312 fakultas Ekonomi yang diampu oleh Don Watu, memperkenalkan buku yang Berjudul Komunitas Pancasila Dasar NKRI bukan Pilar.

Catatan perjuangan komunitas dalam mengembalikan marwah Pancasila  Dasar NKRI bukan pilar dan buku yang berjudul Mengembalikan Pancasila Dasar Negara bukan pilar, Filosofi budaya sebagai akar Pancasila, Suara kaum tak bersuara. Ditulis oleh 26 penulis dari anggota Komunitas Pancasila Dasar NKRI bukan pilar dari berbagai macam profesi dan daerah di Nusantara.

“Kegiatan lain yang diikuti adalah pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi para aparat daerah, simposium Nasional yang melibatkan kalangan milenial dan pelajar, serta seminar napak tilas pemikiran Sukarno tentang Pancasila 1918-1945 yang dilaksanakan juga di beberapa kota seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Bengkulu dan Jakarta,” terang  Dr. Ir. K. R. A. P. Eri Ratmanto.

Agenda ditutup ke Serambi Sukarno.Safari ke Simposium Nasional di Universitas Flores dijalankan tanggal 31 Mei 2022.

“Agenda puncak adakah menghadiri Harlah Pancasila 1 Juni 2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dimana Presiden juga mendapatkan anugerah gelar adat,” terangnya.

Ditambahkannya, Presiden juga mengunjungi Taman perenungan dan rumah pengasingan Sukarno dengan suguhan pertunjukan seni hasil kolaborasi talenta lokal bersama Nestorian Band, Garin Nugroho, Happy Salma, Gilang Ramadhan dan lain lainnya.

“Kegiatan napak Tilas ke enam situs utama Sukarno menghabiskan waktu semasa pengasingannya di Ende pada tahun 1934-1938, kegiatan parade ini juga menghadirkan pertunjukan drama, monolog, tarian, doa dan lain lain,”imbuhnya.

Ada juga pameran  ekonomi kreatif  menurut Dr. Ir. K. R. A. P. Eri Ratmanto merupakan hasil kerjasama Pemda kabupaten Ende bersama dengan Kemenparekraf RI. Kegiatan pameran ini menampilkan produk-produk kreatif daerah seperti penampilan kesenian Daerah, Drama musikal “Ketika Bung Karno menangis di Ende”,Gawi Pancasila.

Selain itu, masih menurutnya, ada juga talk show membahas isu-isu kebangsaan yang menghadirkan narasumber Lembaga penting dari Jakarta, Penandatanganan MoU antara BPIP dengan MPR, Kemendikbudristek, BRIN dengan MPR, Kemendikbudristek, BRIN, Lemhannas dan Pertinasia serta pencanangan dimulainya Pendidikan Pancasila pada kurikulum Pendidikan Nasional yang ditandai secara simbolik oleh penyerahan buku Ajar Pendidikan Pancasila dari Kepala BPIP kepada Mendikbudristek, seluruh kegiatan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

Kangjeng Eri pada kesempatan tersebut juga memberikan buku yang baru saja diterbitkan kerjasama antara Komunitas Pancasila Dasar NKRI BP dengan  Pusat Sudi Pancasila UPN Veteran Yogyakarta ke Ketua Mahkamah Konstitusi, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Panglima TNI, Bupati Ende, Romo Beni dari BPIP, Bung Sila ( pengendara keliling Indonesia memakai motor mengenalkan Ende Rahimnya  Pancasila ) serta beberapa tokoh Masyarakat yang hadir dalam Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2022.

Agenda terakhir DR.Ir.K.R.A.P Eri Ratmanto bersama rombongan tanggal 2/06/2022 ke rumah pengasingan Bung bisaKarno sebelum bertolak kembali ke Pulau Jawa di tanggal 3/06/2022.

(K. Herman S./BROWIBOWO)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.