• Kam. Jul 18th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Ketua DPRD Pangandaran: Sudah Saatnya Wisata Madasari Dikelola Pemkab

PANGANDARAN, globalaktual.com – Pantai Madasari saat ini memang sebaiknya segera diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dari Pemerintah Desa (Pemdes) pasalnya Pantai Madasari memiliki lahan sanga luas.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran Asep Noordin, saat wawancara dengan sejumlah awak media di gedung DPRD Pangandaran.(08/05/2023).

Menurutnya, langkah ini dilakukan agar obyek wisata Pantai Madasari bisa lebih dikembangkan dan dikelola dengan tepat.

“Nanti ke depannya Pemdes Masawah bisa mendapatkan bagi hasil aebagai penghargaan dalam pengelolaan yang dilakukan sebelimnya,” kata Asep.

Ia mengatakan, di Kecamatan Pangandaran dulunya juga ada beberapa destinasi yang diambil alih dari desa, dan saat itu Pemkab Ciamis pun memberikan kompensasi ke desa yang bersangkutan sehingga desa tersebut pun memiliki pendapatan yang pasti.

“Dan menurut ketentuan porsi pembagian pendapatan pariwisata ini minimal 10 persen,” terangnya.

Namun dalam prosesnya nanti, kata Aswp, harus dilakuakan dan dikomunikasikan dengan baik antara pemkab dan pemdes, termasuk bagaimana kewenangan desa nantinya karena wisata itu tidak bisa dibangun sepihak namun dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dan setelah beralih kelola ke pemkab, masyarakat desa Masawah pun harus tetap bisa merasakan manfaatnya sehingga rencana ini pun mendapat dukungan masyarakat.

Ia menambahkan, pengelolaan sebuah destinas wisata bukanlah hal yang mudah, sehingga semua elemen harus satu frekuensi dulu sehingga percepatan pembangunan pun bisa lebih cepat.
(A. Haris)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *