• Kam. Jul 18th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Ketua DPRD Asep Nurdin Peringati World Oceans Day 2023 di Cagar Alam Pasir Putih Pangangandaran

PANGANDARAN, globalaktual.com – World Oceans Day Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2023 diperingati dan dilaksanakan oleh segenap pemangku kepentingan bersama masyarakat pangandaran bertempat di Pasir Putih Pantai Timur, Wisma Rengganis Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran, Kamis (08/06/2023).

Tampak Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin, Wakapolres Pangandaran Kompol Arisbaya, mewakili Dandim 0625/ Pangandaran Kasdim Mayor Czi Budi Arianto, TNI AL Pangandaran, Satpol Airud, Kepala Resort BKSDA Kusnadi SP, perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan, Pengelola Wisata dari Perum Perhutani, para pemandu wisata dan Pemerhati lingkungan, serta Stakeholder lainnya.

Asep Nurdin selaku ketua panitia dalam sambutannya menjelaskan, bahwa World Oceans Day atau yang dikenal dengan Hari Laut Sedunia ini selalu diperingati pada tiap tanggal 8 Juni, yang mana pada hari ini tepat tgl 8 juni 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Bapak Asep Noordin Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, dan dilaksanakan di pasir putih pantai timur TWA Pangandaran.

“Hari World Oceans Day merupakan perayaan penting untuk meningkatkan kesadaran atas perlindungan lautan dan sumber daya alam yang berlimpah di dalamnya,”katanya.

Apa yang kita laksanakan adalah bersih bersih Pantai, Transplantasi Terumbu karang, melepaskan mobil odong odong dan becak, serta pelepasan penyu ke laut.

Ditempat yang sama, ketua DPRD Pangandaran Asep Nurdin H.MM menyampaikan bahwa, tema Hari Laut Sedunia 2023 yang diusung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah “Planet Ocean: Tides are Changing” atau “Planet Samudra: Pasang Surut Berubah”.

Menurut Asep Noordin, hari Laut Sedunia pertama kali diusulkan pada Konferensi Bumi di Rio de Janeiro, Brazil pada tahun 1992 silam. Tujuan dari konsep tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran, mendorong aksi nyata, dan berkolaborasi untuk menjaga akan pentingnya lautan dan peran mereka dalam menjaga kehidupan di bumi.

Kemudian pada tahun 2002, PBB mengadakan konferensi tentang Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg, Afrika Selatan. Pada tahun 2003, World Ocean Day Organization diluncurkan untuk mendukung acara yang digelar di seluruh dunia. Pada tahun yang sama dihelat 25 acara di 15 negara, ” katanya.

Menurut Asep, pada tahun 2008, PBB meresmikan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia melalui Resolusi Majelis Umum 63/111. Resolusi ini bertujuan untuk mengakui pentingnya lautan sebagai bagian kehidupan manusia dan mengajak semua negara anggota PBB, organisasi, dan masyarakat sipil untuk merayakan Hari Laut Sedunia di setiap tahunnya.

Ditambahkan Asep, dalam mengkampanyekan Hari Laut Sedunia hari ini, kami mengajak untuk turut ikut berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan, memilih dan menggunakan produk ramah lingkungan, hingga mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan yang telah kita lakukan adalah memberikan tempat sampah plastik kepada nelayan Pantai dan ke Organisasi perahu pesiar, bersih – bersih Pantai, juga menenggelamkan Becak agar menjadi rumpon bagi kehidupan laut kedepannya, Serta melepaskan sebanyak 10 ekor tukik,”pungkasnya.

(Abdullah Haris – ADV)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *