Aktual

Ujian Praktik SIM C di Kantor Satpas 1137 Polres Musi Rawas Model Terbaru

MUSI RAWAS, globalaktual.com – Ada yang nampak berbeda dari ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C di kantor Satpas 1137 Polres Musi Rawas. Dimana, ujian praktik yang semula ada angka 8 dan zig zag, kini telah diganti dengan model terbaru.

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH melalui Kasat Lantas Polres AKP Fitri Dewi Utami, SIK, MH menjelaskan, lintasan ini sesuai petunjuk Korlantas Polri. Ini telah diberlakukan sejak hari Senin, 7 Agustus 2023. Dan hari ini telah di lounching sirkuit ujian praktek SIM R2 oleh Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol M. Pratama, A, SH., SIK., MH di Satlantas Polrestabes Palembang.

“Lintasan baru ini secara resmi mulai diterapkan di seluruh Satpas SIM se-Indonesia, termasuk di Kab. Musi Rawas. Materi ujian yang membentuk angka 8 dan zig-zag atau slalom juga telah dihapus,” jelas AKP Fitri Dewi Utami, SIK, MH, Kamis, 10 Agustus 2023.

Kasat Lantas menjelaskan, adapun perubahan lintasan mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag test atau slalom test. Uji membentuk angka 8 kini digantikan dengan uji membentuk huruf S. Lalu untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

“Tentu ini akan lebih memudahkan masyarakat. Harapannya akan menambah animo masyarakat untuk memiliki SIM,” ucap AKP Fitri sapaanya.

Kembali, ia menjelaskan, meski terlihat mudah, namun masyarakat diimbau untuk tetap tertib berlalu-lintas ketika di jalan raya. Kesadaran hukum berlalu-lintas menurutnya sangat penting demi keselamatan bersama setelah lulus ujian dan memperoleh SIM.

‘Khusus Masyarakat yang telah memiliki SIM, kami minta untuk selalu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas saat di jalan raya.’’tutupnya. (Sep)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *