Hukum & Kriminal

Ditlantas Polda Jawa Tengah dan Satlantas Polres Purworejo Melalukan Uji Coba ETLE Mobile Drone

Purworejo, globalaktual.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah dan Satlantas Polres Purworejo melalukan uji coba Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile drone di perempatan Kutoarjo, Jalan Nasional III, Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pelanggaran Subditgakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kompol Indra Hartono, mengatakan, uji coba sistem tilang menggunakan kamera pesawat tanpa awak (drone) itu, adalah upaya Polri khususnya Ditlantas Polda Jateng dalam melakukan sosialisasi dan penegakkan hukum di bidang lalu lintas.

“Selain itu, penggunaan Etle mobile drone juga bisa dimanfaatkan untuk memantau arus lalu lintas dan gangguan keamanan, ketertiban, serta kelancaran (Kamtibmascar) berlalu lintas,”kata Kompol Indra Hartono, Rabu (13/09/2023).

Pihaknya menyebut, kamera drone yang digunakan mampu menangkap berbagai jenis pelanggaran dengan sangat akurat.

Bahkan terhadap menurutnya, pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi mobil berkaca riben, semisal tidak memakai sabuk pengaman.

“Tadi drone kami terbangkan Etle drone kurang lebih selama 5 menit. Dan dalam waktu singkat itu, kamera mampu menangkap belasan pelanggaran yang rata-rata dilakukan oleh para pengemudi kendaraan roda empat,” ucap Kompol Indra usai uji coba.

Indra menjelaskan, kamera Etle drone mampu menjangkau obyek yang berada di area sejauh satu kilometer. Alat tersebut dinilai sangat dinamis karena dapat menjangkau pelanggar lalu lintas dari berbagai arah.

“Dengan kata lain, Etle drone dianggap sangat efektif untuk merekam pelanggaran lalu lintas karena memiliki jangkauan luas dan jauh serta mobilitas lebih tinggi dibanding etle mobile (smartphone) atau etle statis,”ujarnya.

Lebih lanjut, Indra menuturkan bahwa Ditlantas Polda Jateng bakal segera menerapkan sistem tilang menggunakan Etle mobile drone. Pihaknya bermaksud melaunching (merilis) penerapan Etle drone pada 25 September 2023.

Adapun sebelum dilaunching, Ditlantas Polda Jateng akan menggelar pelatihan serentak bagi personel Lantas di seluruh Polres se-Jawa Tengah pada 19 September 2023.

Dalam pelatihan tersebut, rencananya ada perwakilan anggota Satlantas Polres yang dipersiapkan untuk menjadi operator drone di masing-masing Kabupaten/Kota.

“Diharapkan setiap Polres minimal punya satu anggota yang bisa mengemudikan drone. Kemudian setelah mengikuti pelatihan, mereka bisa menularkan ilmu kepada rekan-rekan jajarannya,” ucap dia.

Lantas, Indra menambahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan drone yang akan dibagikan kepada seluruh Polres di wilayah Polda Jateng. Pada tahap pertama, pihaknya menyiapkan enam unit drone yang diprioritaskan bagi daerah dengan tingkat pelanggaran cukup tinggi.

“Harapan kami, pengendara bisa semakin tertib berlalu lintas, mau ada drone ataupun tidak. Tetap harus tertib lalu lintas untuk menjaga keselamatan sendiri atau orang lain. Karena keluarga menunggu di rumah,” tandasnya.

Humas Polres Purworejo (Browibowo)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *