Parlemen

Asep Noordin Tegaskan, Persiapan Destinasi Wisata Jelang Nataru di Pangandaran

Pangandaran, globalaktual.com – Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin sebulan yang lalu sudah mengadakan kegiatan dengan seluruh stakeholder kepariwisataan tentang penanganan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Asep Noordin mengharapkan pemerintah daerah dengan segera melakukan konsolidasi dalam rangka persiapan Nataru, karena ini adalah merupakan kegiatan tahunan. Rabu (06/12/2023) di pinggir Pantai Barat Pangandaran.

“Sudah menjadi permasalahan yang bukan baru lagi diantaranya kemacetan dan pedagang musiman, nah disini harus mengatur strategi seperti apa. Merujuk dari data kejadian-kejadian tahun lalu harus menjadi suatu rujukan, terutama lahan parkir titik-titiknya harus diatur sejak sekarang,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk lahan parkir bisa menggunakan lapang Ketapang Doyong, Paamprokan, dan lahan-lahan parkir yang tersedia di daerah destinasi wisata.

“Ada masukan bahwa bis dan truk untuk tidak masuk ke area destinasi wisata, artinya tidak masuk ke pantai timur atau barat, tapi disiapkan tempat parkir khusus,” ucapnya.

“Selain itu juga rekayasa keluar masuk kendaraan harus diatur, apalagi kita sekarang sudah punya jalur-jalur baru sehingga bisa dimanfaatkan untuk keluar masuk kendaraan atau mengatur rekayasa kendaraan supaya supaya bisa mengurai kemacetan,” tambahnya.

Sedangkan untuk pedagang musiman biasanya terjadi. Kata dia ini harus ditertibkan juga, yang biasa jualan di Pangandaran atau asli orang Pangandaran malah tidak bisa menikmatinya. Disini pemerintah perlu untuk melakukan langkah-langkah mengidentifikasi, menginventalisir, mencegah dari awal-awal supaya tertib.

“Komitmen pedagang terhadap harga-harga juga harus dimusyawarahkan, karena selalu menjadi komplain dari para wisatawan, jangan mentang-mentang Natal dan Tahun Baru kemudian harga-harganya melambung tinggi,” ujarnya.

“Bisa juga itu timbul oleh para pedagang musiman, karena mereka datang ke sini harus memikirkan sewa kontrakan, sewa lahan, dan sebagainya, jadi bisa juga mempengaruhi dalam harga dalam penjualan,” pungkasnya. (A. Haris – ADV)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *